Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 29 Apr 2023 12:00 WIB ·

4 Kebiasaan Penyebab Listrik Boros


Img: pexels-lisa-fotios Perbesar

Img: pexels-lisa-fotios

4 Kebiasaan Penyebab Listrik Boros–Pernahkah kamu memiliki tagihan listrik yang membengkak dan token listrik yang cepat habis, padahal kamu merasa tidak memakai perangkat listrik dengan intensitas yang tinggi?

Jika iya, mungkin ada berbagai kebiasaan yang kamu lakukan di rumah tanpa sadar bisa mengakibatkan pemborosan listrik. Akhirnya, tagihan meningkat drastis atau token listrik tidak awet.

4 Kebiasaan Penyebab Listrik Boros

Lalu, apa saja hal yang dapat memicu pemakaian listrik yang boros? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Tidak menutup pintu kulkas

Ketika kamu membuka pintu kulkas dan membiarkannya terbuka selama beberapa waktu sambil bingung memikirkan apa yang ingin kamu ambil. Kebiasaan ini terdengar sepele namun faktanya bisa memicu pemborosan listrik. Menurut data dari Institute of Food and Agricultural Sciences di University of Florida, tujuh persen dari total energi listrik kulkas terjadi saat pintunya terbuka. Bayangkan, jika pintu kulkas terlalu sering terbuka terus menerus, tentu penggunaan listrik akan semakin membludak dan boros.

Mencuci di mesin cuci dengan sedikit pakaian

Ketika kamu mencuci pakaian dengan mesin cuci, usahakan ikuti anjuran mencuci di mesin cuci dengan benar. Jangan menghidupkan mesin cuci dengan hanyak sedikit pakaian, sebab akan menyebabkan pemborosan air dan listrik. Hal ini karena daya air dan jumlah air pada mesin cuci sama besarnya berapapun kapasitas pakaian yang kamu masukkan. Akibatnya, air dan listrik akan terbuang sia-sia.

Membiarkan peralatan elektronik tetap terhubung ke listrik saat tidak digunakan

Jika kamu telah selesai menggunakan sebuah alat elektronik seperti setrika, oven, charger, kipas angin, sebaiknya lepas kabel dari stopkontak. Jangan biarkan tetap terhubung walau sudah tidak terpakai. Sebab, kabel yang dibiarkan tetap tercolok akan tetap menyalurkan energi listrik dalam mode standby. Hal ini masuk dalam penggunaan energi listrik, sehingga bisa menyebabkan pemborosan listrik.

Membiarkan peralatan elektronik tetap hidup saat tidak digunakan

Mungkin kamu pernah menyalakan televisi kemudian meninggalkannya tetap menyala setelah selesai, atau membiarkan pendingin ruangan seperti AC dan kipas angin tetap hidup di ruangan yang tidak ada orangnya dalam waktu lama. Sama seperti sebelumnya, meninggalkan barang elektronik yang tetap hidup dan tercolok ke listrik bisa membuat listrik menjadi boros. Hal ini karena energi hasil dari alat elektronik tersebut akan menjadi sia-sia.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 35 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack