Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 25 Des 2022 18:00 WIB ·

4 Life Hacks Kurangi Kebiasaan Menunda


Img: Pexels/Andrea-Piacquadio Perbesar

Img: Pexels/Andrea-Piacquadio

4 Life Hacks Kurangi Kebiasaan Menunda —Beberapa orang mungkin merasa gelisah atau kehilangan motivasi dalam menjalankan tugas atau aktivitas tertentu. Wajar saja, apalagi jika pekerjaannya monoton atau menguras tenaga dan pikiran seseorang. Dalam situasi ini, sepertinya kamu ingin menunda penyelesaian pekerjaan atau memilih berbaring saja.

Sekalipun terlihat gratis, menunda-nunda bisa menimbulkan akibat negatif. Salah satunya akan menyia-nyiakan banyak waktu. Namun, meski banyak kendala, kamu bisa menggunakan beberapa trik ini untuk mengurangi kebiasaan menunda kamu.

4 Life Hacks Kurangi Kebiasaan Menunda

Simak empat trik yang akan membantu kamu berhenti menunda-nunda!

Buat to do list

Kamu mungkin terkadang merasa bahwa membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan itu penting. Benar, karena meskipun kelihatannya sederhana, membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan akan menghemat waktu kamu dan membantu kamu menghindari penundaan. Alasannya adalah membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan berarti membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan besok.

Namun, seperti yang sering terjadi, apa yang terjadi jika kamu memiliki banyak hal yang harus kamu lakukan dan tidak tahu memulainya dari mana? Maka jika spesifik, akan lebih mudah untuk menentukan kapan dan kegiatan apa yang akan kamu lakukan pada saat itu.

Mulai kerjakan saat ada waktu

Kamu juga harus setuju bahwa gangguan paling signifikan saat bekerja adalah menunda-nunda. Semakin sering menunda-nunda, maka waktu akan semakin terbuang sia-sia. Lantas, bagaimana cara mengatasi keinginan untuk menunda-nunda?

Salah satu life hacksnya adalah metode aturan 5 menit. Singkatnya, aturan ini diikuti dengan melakukan aktivitas hanya selama 5 menit. Biasanya, begitu seseorang mengikuti aturan 5 menit ini, mereka akan melanjutkan aktivitasnya.

Mengapa langkah pertama dalam menyelesaikan suatu tugas seringkali merupakan langkah yang paling sulit? Jadi, dengan life hack ini, kamu dapat menghilangkan hambatan tersebut. Tapi kalau masih belum sempurna, istirahat dulu, lalu coba lagi saat pikiran sudah tenang, ya!

Berikan reward pada diri sendiri

Padahal, penghargaan untuk diri sendiri sangatlah penting. Selain itu, self-reward tidak selalu harus dalam bentuk menghamburkan uang. Namun, kamu juga dapat memprogram tidur siang atau merenungkan jenis pengalaman yang kamu alami selama menyelesaikan aktivitas. Pasti akan ada perubahan dengan reward ini, meski tidak selalu dalam bentuk sesuatu yang signifikan. Salah satunya akan membuat kamu semakin bersemangat.

Memilah tugas sesuai prioritas

Meskipun itu klise, membagi tugas besar menjadi tugas yang lebih kecil adalah life hack berikutnya yang akan membantu kamu mengatasi penundaan. Misalnya, kamu memiliki dua aktivitas berskala besar. Kamu dapat menyusunnya dengan menuliskannya dalam kelompok daftar dari yang sangat mendesak hingga yang paling ringan . Akan jauh lebih mudah untuk mengelola aktivitas jika kamu sudah mengaturnya dengan jelas.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack