Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 4 Mar 2023 18:00 WIB ·

4 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Hiperlipidemia


Img: Pexels/cottonbro-studio Perbesar

Img: Pexels/cottonbro-studio

4 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Hiperlipidemia –Menurut laporan tahun 2008 dalam Journal of Adolescent Medicine, mayoritas hiperlipidemia disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi.

Orang dengan hiperlipidemia harus menyadari makanan mana yang tinggi kolesterol. Karena jika terus mereka konsumsi dapat meningkatkan kadar kolesterol darah yang memang sudah meningkat pada penderita hiperlipidemia. Ini pada akhirnya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, serangan jantung, atau stroke. Tentu ini sangat berisiko, bukan?

4 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Hiperlipidemia

Oleh karena itu, inilah sejumlah makanan yang sebaiknya kamu hindari sebagai pasien hiperlipidemia karena mengandung kolesterol tinggi. Yuk, simak sampai habis!

Donat

Bagaimana gula berkontribusi pada masalah hiperlipidemia? Makanan manis, seperti donat, meningkatkan trigliserida (partikel lipid) sekaligus menurunkan high-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol baik. Hiperlipidemia karena peningkatan kadar kolesterol dalam darah, baik sendiri atau dalam kombinasi dengan peningkatan trigliserida.

Donat adalah jenis gorengan lainnya. Makanan goreng seringkali mengandung lemak trans, menurut Medical News Today. Lemak trans meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) sambil menurunkan HDL (kolesterol baik).

Para peneliti juga menemukan banyak hubungan antara peningkatan konsumsi lemak trans dan peningkatan semua penyakit fatal.

Daging merah

Menurut laman Harvard Health Publishing, daging merah meningkatkan kadar kolesterol jahat. Peningkatan kadar kolesterol jahat menyebabkan terbentuknya plak pada dinding arteri, menyebabkan pembuluh darah hiperlipidemia mengeras dan menyempit.

Tentu saja, ini merupakan kondisi yang berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian jaringan dan kerusakan organ. Lebih baik mengganti dada ayam atau kalkun tanpa kulit dengan daging merah, yang lebih rendah lemak jenuh dan kolesterol.

Udang

Menurut Healthline, udang memiliki reputasi buruk karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Satu porsi udang (3 ons atau 85 gram) mengandung 161 mg kolesterol.

Makanan tinggi kolesterol dapat meningkatkan kadar kolesterol darah, terutama pada orang yang hipersensitif terhadap kolesterol makanan, seperti pasien hiperlipidemia.

Telur

Menurut Mayo Clinic, pakar kesehatan menganjurkan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol guna mencegah hiperlipidemia atau peningkatan kolesterol dalam darah seseorang yang sudah mengidap hiperlipidemia. Batas harian yang disarankan adalah 300 miligram (mg).

Satu telur mengandung sekitar 186 mg kolesterol, yang sebagian besar terdapat di kuning telur. Jika kamu ingin makan telur tetapi tidak ingin menaikkan kadar kolesterol darah, makanlah putih telurnya saja, yang tidak mengandung kolesterol.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Trending di Kesehatan