Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 13 Mar 2023 18:00 WIB ·

4 Perilaku Toxic yang Sering Kita Lakukan Pada Diri Sendiri


Img: Pexels/alena-darmel Perbesar

Img: Pexels/alena-darmel

4 Perilaku Toxic yang Sering Kita Lakukan Pada Diri Sendiri  –Kata toxic mungkin sudah sering kita dengar akhir-akhir ini. Entah itu toxic relationship, toxic people, atau toxic behavior. Toxic atau beracun didefinisikan sebagai perilaku atau sifat yang berbahaya. Umumnya orang-orang secara otomatis menghindari hubungan atau orang yang menunjukkan karakteristik toxic.

Tetapi tahukah kamu bahwa kamu dapat menunjukkan perilaku beracun? Perilaku beracun, menurut definisi, merugikan diri sendiri. Karena perilaku beracun dapat menghambat produktivitas dan membuat kamu tertekan. Berikut beberapa perilaku toxic yang tanpa sadar sering kamu lakukan pada dirimu sendiri:

Self talk

Self-talk atau berbicara kepada diri sendiri dapat membantu kamu mendapatkan kepercayaan diri dan memotivasi diri sendiri. Meski terkesan absurd, self-talk memiliki banyak manfaat, antara lain mengurangi stres, kemampuan memecahkan masalah, menghilangkan rasa kesepian, dan lain-lain.

Jangan hanya berbicara negatif kepada diri sendiri untuk membuat diri kamu merasa lebih baik. Pembicaraan diri yang negatif juga dapat menyebabkan depresi, menghambat pengembangan diri, menurunkan kepercayaan diri, dan memiliki konsekuensi negatif lainnya.

Sering mengeluh

Beban hidup dan pekerjaan yang berat biasanya membuat kamu sering mengeluh. Adalah normal untuk mengeluh dari waktu ke waktu untuk menghilangkan stres. Namun, jika kamu kebanyakan mengeluh, bisa jadi ini pertanda adanya gangguan jiwa.

Sering mengeluh membuat masalah semakin sulit diselesaikan. Terlalu banyak mengeluh juga membuat kamu tidak berkembang. Untuk menghindari mengeluh berlebihan, kamu harus bisa menjaga pikiran tetap positif dan melakukan perubahan.

Procrastinating

Procrastination, atau kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, merupakan perilaku toxic yang dapat menurunkan produktivitas. Mungkin kamu menyadari telah menunda pekerjaan, tetapi karena kamu malas, kamu tidak menyelesaikan apa yang telah kamu mulai. Kamu juga bisa melakukan banyak tugas sehingga kamu menunda pekerjaan secara tidak sengaja.

Mulailah dengan mengatur ulang manajemen waktu kamu dan membuat daftar tugas untuk membantu kamu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Menunda-nunda pekerjaan sama dengan menunda pencapaian dan kesuksesan. Jangan biarkan kebiasaan buruk ini mengambil alih hidup kamu.

Tidak enakan

Tidak merasa nyaman di sekitar orang lain, juga dikenal sebagai orang yang menyenangkan, adalah perilaku beracun yang dapat membahayakan diri sendiri. Meskipun berbuat baik dan menyenangkan orang lain kedengarannya bagus, melakukannya terlalu sering akan menyebabkan kamu mengabaikan kebahagiaan kamu sendiri.

Kamu harus mulai berlatih mengatakan ‘tidak’ pada permintaan orang lain dan tegas pada diri sendiri. Selalu utamakan kebahagiaanmu sendiri di atas kebahagiaan orang lain.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack