Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 13 Feb 2023 10:00 WIB ·

4 Search Engine Aman Privasi Selain Google!!


Pinterest : @freepik Perbesar

Pinterest : @freepik

4 Search Engine Aman Privasi Selain Google!! – Semakin banyak pengguna internet saat ini, tidak kita pungkiri banyak kegiatan yang kita gunakan dan banyak waktu yang kita habiskan untuk berselancar di Google. Namun, sebagian banyak pengguna merasa kurang nyaman dengan keamanan privasi yang Google miliki. Walau dalam pernyataannya Google menyatakan data yang diambil dari pengguna digunakan untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna. Contohnya ketika kita mengetikkan nama reastaurant maka google akan merekomendasikan lokasi berdasarkan jarak terdekat dari lokasi kita berada. Selain itu dengan adanya Google Ads ada juga pengguna yang merasa terganggu dengan itu.

Jika kamu merasa kurang nyaman dengan keamanan privasi pada Google, berikut Tim Media Edukasi merangkum 4 Rekomendasi Search Engine Aman Privasi selain Google yang dapat kamu gunakan :

  1. Duckduckgo

DuckDuckGo adalah mesin pencari yang paling disukai orang-orang karena melindungi privasi dan tidak merekam informasi pengguna. Rilis pada 25 september 2008. Di website resminya mereka menyebutkan tidak akan menyimpan informasi apapun dari pengguna. Selain itu mereka tidak menampilkan banyak iklan. Dengan hasil pencarian yang tampil secara general karena mereka tidak merekam cookie pada riwayat pencarian pengguna. DuckDuckGo juga memiliki fitur andalan seperti fitu !bangs yang bisa user gunakan. Fitur !bangs ini dapat user gunakan untuk membantu melakukan pencarian yang lebih spesifik.

  1. Qwant

Setelah DuckDuckGo, ada Qwant yang tak kalah bagus. Mesin pencari ini dijadikan sebagai alternative terbaik setelah DuckDuckGo. Rilis pada bulan July 2013. Qwant memiliki fitur unik yaitu menampilkan warna halaman pencarian berdasarkan kategori yang tampil. Qwant sendiri tidak mendapatkan penghasilannya dari penggunanya, melainkan dari bisnis B2B (business-to-bussiness). Salah satu klien mereka adalah NASA.

  1. Startpage

Alternative lainnya ada Startpage. Mesin pencari ini menawarkan solusi dengan menggunakan atau tidak sama sekali proxy saat kamu mengunjungi web. Menariknya, tampilan UI Startpage cukup mirip Google.

  1. Swisscows

Tidak jauh berbeda dengan mesin pencarian sebelumnya yang menjunjung tinggi privasi pengguna, kamu juga dapat menjadikan ini sebagai mesin pencari alternative. Berdiri pada 26 Juni 2014. Swisscows mereka mempunya server sendiri yang terletak di pegunungan Alpen Swiss, mereka tidak bekerjasama ataupun menggunakan pihak ketiga. Search engine Swisscows sendiri terkenal sebagai Search Engine yang ramah keluarga. Ini karena mereka mempromosikan media digital Pendidikan, mempromosikan nilai moral, membenci kekerasan serta pornografi, dan lain sebagainya.

4 Search Engine tadi adalah  Search Engine yang mementingkan keamanan pengguna karena tidak mengambil dan menggunakan data milik penggunanya. Setiap search engine memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Bagaimana ? apakah kamu tertarik untuk berpindah dari Google ? Tolong tulis jawaban kamu di kolom komentar ya!

 

Salam,

Tim Media Edukasi

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Manfaat Perpustakaan Digital Bagi Pendidikan

23 Februari 2024 - 23:14 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Beralih Ke Perpustakaan Digital

23 Februari 2024 - 21:04 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Mengenal Istilah Domain & URL serta Pentingnya Untuk Bisnis

21 Februari 2024 - 17:55 WIB

Apa itu Instrumen Utang? Pahami Jenis serta Contohnya

15 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Perpustakaan Digital

Pekerjaan Yang Berpeluang Di ganti dengan Robot, Siap-Siap Ya!

9 Februari 2024 - 22:37 WIB

Pekerjaan Yang Berpeluang Di ganti

Rekomendasi Tools AI Untuk Cek Grammar hingga Mencari Ide

9 Februari 2024 - 10:05 WIB

Rekomendasi Tools AI
Trending di Teknologi