Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 7 Apr 2023 18:19 WIB ·

4 Suplemen Untuk Mencegah Osteoporosis


Img: Pexels/rodnae-productions Perbesar

Img: Pexels/rodnae-productions

4 Suplemen Untuk Mencegah Osteoporosis –Osteoporosis adalah penyakit progresif yang mengurangi kepadatan dan kualitas tulang. Kondisi ini akan meningkatkan risiko patah tulang dan menurunkan kualitas hidup.

Selama hidup, tulang kita terus-menerus mengalami perubahan, sehingga membutuhkan sejumlah nutrisi yang cukup. Inilah alasan mengapa perlu mengkonsumsi makanan bergizi demi menjaga kesehatan tulang. Berikut adalah 4 suplemen yang baik untuk dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis, namun akan lebih baik jika dengan resep dokter. Yuk, simak selengkapnya!

4 Suplemen Untuk Mencegah Osteoporosis

 

Vitamin D

Menurut sebuah laporan yang terbit dalam jurnal Nutrients, vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium dan membantu pembentukan kembali tulang. Kamu bisa mendapatkan vitamin D dari ikan berlemak, susu fortifikasi, dan paparan sinar matahari.

Berjemur di bawah sinar matahari merupakan aspek penting dalam menjaga kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D juga bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi suplemen vitamin D. Untuk mengurangi risiko patah tulang dan memastikan kadar vitamin D yang memadai, sebuah penelitian yang terbit dalam Medical Journal of Australia menunjukkan bahwa dosis harian 400-800 IU vitamin D sudah cukup.

Magnesium

Magnesium adalah mineral penting yang sangat berpengaruh ratusan reaksi dalam tubuh kita. Menurut artikel Nutriens, mineral ini penting untuk kesehatan tulang, dan sekitar 60% magnesium ditemukan di jaringan tulang. Beberapa penelitian pada orang dewasa menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi magnesium dalam jumlah tinggi memiliki kepadatan massa tulang yang lebih tinggi.

Vitamin K

Vitamin K memiliki peran penting dalam pemeliharaan kekuatan tulang dan pencegahan kerusakan tulang. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal BioMed Research International menemukan bahwa kadar vitamin K yang rendah berpengaruh pada peningkatan risiko patah tulang dan kepadatan tulang yang lebih rendah.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, AKG vitamin K untuk orang dewasa adalah 55-65 mg per hari. Beberapa makanan yang mengandung vitamin K antara lain sayuran hijau, brokoli, dan kubis Brussel. Penting untuk diingat bahwa vitamin K dapat mempengaruhi pengobatan tertentu, seperti pengencer darah. Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin K.

Zinc

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kepadatan tulang dan konsumsi seng berhubungan langsung satu sama lain. Menurut MedicineNet, sebuah penelitian melihat potensi manfaat suplemen seng pada orang lanjut usia dengan osteoporosis. Partisipan dalam penelitian ini meningkatkan kepadatan tulang mereka setelah satu tahun, tanpa efek samping negatif atau patah tulang.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan