Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 1 Jul 2023 12:00 WIB ·

4 Suplemen yang Dapat Memicu dan Memperparah Jerawat 


Img: pexels-polina-tankilevitch- Perbesar

Img: pexels-polina-tankilevitch-

4 Suplemen yang Dapat Memicu dan Memperparah Jerawat –Suplemen memiliki fungsi mendukung kesehatan kita. Namun, ketika kamu dapat mengonsumsi suplemen tertentu dapat menimbulkan keluhan jerawat yang makin parah, terdapat kemungkinan disebabkan oleh suplemen yang kamu gunakan. Jerawat merupakan kondisi yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti genetik, hormonal, pola makan, hingga lingkungan. Jerawat dari setiap individu itu unik dan setiap orang perlu evaluasi.

4 Suplemen yang Dapat Memicu dan Memperparah Jerawat

Suplemen juga pada dasarnya dapat menyebabkan jerawat pada tubuh kamu yang sensitif pada salah satu bahannya. Namun, beberapa suplemen berikut justru akan memicu jerawat atau jerawat semakin parah. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Protein whey

Membahas tentang makanan penyebab jerawat, tentu sudah sering kita dengar bahwa susu adalah salah satu penyebab terbesar. Bahkan saat kamu mencerna protein dalam susu, yaitu whey dan kasein, ia melepas hormon insulin. Ini juga disebut insulin growth factor 1 (IGF-1). Peningkatan IGF-1 ini dapat memicu dan memperparah jerawat, menurut laporan dalam jurnal Dermatology tahun 2012. Faktanya, dalam jurnal Healthcare tahun 2021, suplemen protein whey memiliki efek yang signifikan terhadap insulin dan IGF-1. Ini karena mereka memiliki konsentrasi whey tinggi dan hampir tidak ada lemak.

Vitamin B6 dan B12

Tidak diketahui penyebabnya, namun konsumsi suplemen vitamin B6 dan B12 dosis tinggi (lebih dari 5 mg hingga 10 mg per minggu) telah terbukti memicu jerawat dan memperburuk jerawat yang membandel, seperti tercantum dalam Dermatology Online Journal tahun 2020. Salah satu teori adalah metabolisme Propionibacterium acnes (P. acnes), bakteri yang terkait dengan jerawat, memerlukan vitamin B12. Saat asupannya meningkat melalui suplementasi, kamu akan memberi nutrisi pada bakteri. Ini dapat meningkatkan produksi porfirin, yaitu senyawa yang membuat sel darah merah, yang dapat menyebabkan peradangan pada jerawat.

Steroid dan testosteron

Suplemen pembentuk otot seperti steroid dan testosteron yang dapat meningkatkan produksi sebum, zat berminyak yang dibuat secara alami oleh kelenjar sebaceous. Kalenjar ini rapat menutup sebagian besar tubuh dan mereka terutama konsentrasi pada wajah dan kulit kepala menurut laporan dalam jurnal Dermato-Endocrinology tahun 2011.

Asam amino rantai cabang

Menurut ulasan berjudul “Dietary intervention in acne” dalam jurnal Dermato-Endocrinology tahun 2012, asam amino rantai cabang (branched-chain amino acid atau BCAA) dapat meningkatkan sekresi insulin dari pankreas dan IGF-1. Hal ini juga dapat mengakibatkan peningkatan produksi minyak. Minyak kemudian terperangkap di kelenjar sebaceous dan menyebabkan benjolan dan jerawat.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 29 kali

Baca Lainnya

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Trending di Kesehatan