Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 17 Mar 2023 19:00 WIB ·

4 Tanda Kamu Hyper-Independent Alias Terlalu Mandiri


Img: pexels-karolina-grabowska Perbesar

Img: pexels-karolina-grabowska

4 Tanda Kamu Hyper-Independent Alias Terlalu Mandiri –Pernahkah kamu bertemu seseorang yang hampir melakukan semua hal sendiri? Atau bahkan pernah kamu alami sendiri? Jika ini masalahnya, itu bisa menjadi tanda Hyper-Independent atau terlalu mandiri.

4 Tanda Kamu Hyper-Independent Alias Terlalu Mandiri

Mereka yang terlalu mandiri sering merasa sulit untuk meminta bantuan, yang mungkin penyebabnya trauma masa lalu atau faktor lainnya. Tidak hanya itu, orang yang hyper-independent menunjukkan ciri-ciri lain, antara lain:

Sangat tertutup

Adakah yang pernah mengatakan kepada kamu bahwa kamu “selalu sangat tertutup dan misterius”? Apakah orang-orang terus memberi tahu kamu bahwa kamu adalah “buku yang sangat tertutup” dan bahwa kamu harus “mencoba membukanya sesekali”? Meskipun kita semua memiliki hak atas privasi (yang harus dihormati), ada kalanya kita berbagi sedikit kehidupan kita kepada orang lain. Hal ini bertujuan untuk kebaikan mental kita sendiri sekaligus menjalin keakraban dengan orang lain.

Sulit meminta bantuan orang lain

Kamu tidak pernah meminta orang lain untuk membantu kamu keluar dari kesulitan, tidak peduli seberapa banyak kamu berjuang. Itu bukan karena kamu terlalu bangga atau sombong, tetapi karena kamu tidak ingin bergantung pada orang lain. Kamu mungkin juga berjuang untuk mempercayai orang lain dan percaya pada niat baik mereka, serta takut mereka menganggap sebagai beban atau gangguan, yang mana semua itu merupakan gejala dari hyper-independent (Purshouse & Fleming, 2003).

Selalu melakukan semuanya sendiri

Tanda selanjutnya adalah kamu terbiasa melakukan semuanya sendiri, baik itu berbelanja bahan makanan, menonton film, menjalankan tugas, atau makan di luar. Kamu menghabiskan waktu dan uang kamu dengan cara kamu sendiri, dan kamu hanya pergi dengan orang lain jika mereka mengundang kamu.

Adapun meski kita memiliki hubungan yang baik dengan diri kita sendiri dan merasa nyaman dengan menyendiri, namun bersosialisasi dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kita sayangi juga hal yang penting, lho!

Gila kerja (workaholic)

Jika kamu adalah tipe orang yang suka sibuk dan membenamkan diri dalam pekerjaan/studi, bisa jadi kamu termasuk hyper-independent. Dalam kasus ini kamu lebih berkonsentrasi pada karir dan akademik kamu karena kamu takut membiarkan diri kamu hilang kendali di luar hal-hal itu. Kamu juga cenderung menyibukkan diri sambil mencari alasan untuk membatalkan rencana, menghindari menghabiskan waktu bersama orang lain, kemudian memilih menyendiri untuk waktu yang lama.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack