Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 24 Feb 2023 19:00 WIB ·

4 Tipe Kepribadian Introvert


freepik: @Drazen Zigic Perbesar

freepik: @Drazen Zigic

4 tipe kepribadian Introvert – ada beberapa jenis kepribadian pada manusia. Ada 3 jenis tipe kepribadian antara lain ekstrovert, introvert, dan ambivert. Tuhan menciptakan manusia dengan karakter dan watak yang berbeda-beda. Walaupun mungkin diantara kalian memiliki saudara kembar, pasti watak dan kepribadian masing-masing berbeda. Kehidupan masing-masing orang setiap harinya mencerminkan atau menggambarkan perilaku, karakter dan watak nagi setiap masnusia.

Pada jenis kepribadian salah satunya ada kepribadian introvert. Kepribadian ini biasa kalian kenal dengan seseorang yang suka menyendiri, tidak suka keramaian, pendiam, malu. Seseorang introvert juga bisa bersosialisasi, akan tetapi tenaga dan energi nya tidak sama dengan seorang yang memiliki kepribadian ekstrovert. Selain itu kepribadian introvert ini memiliki 4 tipe kepribadian, antara lain social introversion, thinking introversion, anxious introversion, dan restrained introversion. Nah pada artikel ini kita akan membahas kepribadian introvert, simak sebagai berikut.

Tipe Kepribadian Introvert

  1. Social Introversion

Tipe kepribadian introvert yang pertama yaitu social introversion. Pada tipe kali ini seseorang yang memiliiki keprbadian yang introvert yang lebih syka menyendir. Mereka lebih suka beraktivitas dengan kelompok kecil. Yang mana mereka lebih mendambakan hubungan yang intimate yang penih dengan kesetian.

Seseorang yang memilii kepribadian ini akan merasa kelelahan jika berhadapan dengan orang banyak. Sehingga seseorang yang memiliki tipe social introversion lebih senang menghabiskan waktu menyendiri.

  1. Thinking Introversion

Tipe kepribadian introvert yang kedua yaitu thinking introversion. Seseorang yang memiliki tipe kepribadian kali ini, mereka tipe seseorang yang pemikir. Yanga mana biasanya mereka sangat kreatif, introspektif dan imajinatif.

Seseorang yang memiliki tipe kepribadian ini akan lebih suka berfikir dan hanyut dalam imajinasi mereka sendiri. Selain itu mereka akan lebih sering menghabiskan banyak waktu dengan pikiran mereka sendiri, oleh karena itu tipe ini memiliki kreativitas tinggi.

Mereka sering  kali dianggap tidak peduli, dan tidak merespon suatu perkataan atau pertanyaan dari lawan bicaranya. Nyatanya mereka bukan tidak merespon akan tetapi mereka sedang menganalisa dan memproses suatu informasi yang tepat dan matang.

  1. Anxious Introversion

Tipe kepribadian introvert yang ketiga yaitu anxious introversion. Seseorang yang memiliki tipe keprbadian ini, mereka lebih senang menyendiri. Dan tipe introvert kali ini mudah sekali merasa tertekan dan stress.

Seseorang anxious introversion lebih sering diam, karena meraka merasa canggung dan memiliki rasa cemas dan gugup ketika menghadapi sesuatu yang menegangkan. Oleh karena itu terkadang mereka reflek merespon tidak sopan terhadap lawan bicaranya. Akan tetapi buka seperti itu maksud mereka. Mereka hanya ingin menghindari kerumunan yang membuat mereka tidak nyaman.

Mereka bukan tidak butuh teman, akan tetapi mereka hanya menyadari zona nyaman pada diri mereka sendiri. Yang mengakibatkan seseorang yang ingin masuk kedalam dunianya sangat sulit. Karena tipe ini merasa tidak suka jika seseorang mencoba masuk seenaknya kedalam lingkungannya atau hidupnya.

  1. Restrained introversion

Tipe kepribadian introvert yang keempat yaitu restrained introversion. Kepribadian introvert kali ini sangat sulit untuk seseorang dekati. Mereka sangat berhati-hati dslam bertindak. Selain itu mereka kan merespon lawan bicaranya tergantung dengan setiap individunya. Tipe kali ini juga sangat suka mempertimbangkan banyak hal apapun. Mereka kan memikirkan sesuatu dengan matang-matang sebelum mereka bertindak. Selain itu mereka cenderung pendiam dan jaim saat berada pada sekumpulan orang.

Bagaimana teman-teman mediaedukasi.id, kalian ada pada tipe yang mana? Atau tipe kalian tidak ada disini?

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Kampus PTN

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Lulusan Manajemen jadi pebisnis

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts