Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 9 Agu 2022 15:09 WIB ·

4 Tips Membangun Personal Branding


Img: pexels-marek-levak Perbesar

Img: pexels-marek-levak

Setelah mengetahui pengertian dan pentingnya personal branding, sekarang kamu perlu mengetahui cara membangun personal branding khususnya di era digital ini.

Apa saja sih yang bisa kamu lakukan untuk membangun personal branding? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Membangun Portofolio

Langkah pertama adalah memastikan dulu citra seperti apa yang ingin kamu tampilkan. Misalnya, kamu ingin menampilkan citra sebagai graphic designer. Hal yang perlu kamu llakukan terlebih dahulu adalah membangun portofolio yang sesuai, yaitu hasil desainmu.  

Jangan sampai kamu ingin menampilkan citra diri sebagai seorang graphic designer, tapi tidak mempunyai portofolio yang mendukung. 

Jadi pastikan dulu kamu membangun portofolio yang mendukung untuk menciptakan citra yang bagus di mata publik, ya! 

Membagikan Portfolio

Nah, setelah mengetahui citra seperti apa yang ingin kamu tampilkan dan memiliki portfolio, selanjutnya adalah mempublikasikan portfoliomu ke internet agar banyak yang dapat melihatnya.

Setiap bidang pekerjaan biasanya memiliki media sebagai portofolio masing-masing. Misalnya, para graphic designer biasanya membagikan karyanya di Dribbble atau Instagram.

Selain itu, kamu juga bisa membuat web khusus untuk menaruh portfoliomu.

Memaksimalkan Media Sosial

Ada banyak media sosial yang bisa kamu gunakan untuk keperluan strategi personal branding. Mulai dari Instagram, YouTube, Twitter, Facebook, hingga LinkedIn.

Ingin menggunakan yang mana itu tergantung kebutuhan, bidang pekerjaan, dan target audience-mu. Kamu bisa saja menggunakan hanya satu, dua, atau bahkan semua kanal media sosial yang ada.

Membangun Networking

Networking adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam membangun personal branding. 

Melalui networking, kamu bisa bertemu dengan teman baru, partner kerja baru, peluang kerja yang lebih baik, klien baru, investor, atau bahkan mentor baru.

Kamu bisa mulai membangun networking dari internet. Biasanya, setiap bidang pekerjaan mempunyai komunitasnya masing-masing di internet, seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn.

Nah, itu dia 4 tips untuk membangun personal branding di era digital ini. Cukup mudah, bukan? Jadi, yuk segera terapkan dan jemput kesempatan baru!

Jangan lupa kunjungi Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta menarik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Fungsi Sertifikat UTBK SNBT 2024, Daftar PTN hingga Beasiswa

13 Juni 2024 - 20:37 WIB

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game
Trending di Edukasi