Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 16 Sep 2022 23:51 WIB ·

5 Cara Mengatasi Monkey Mind agar Produktivitas Tetap Terjaga


img: pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi Perbesar

img: pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Monkey mind merupakan istilah yang mengacu pada pikiran-pikiran yang membuat orang menjadi gelisah atau bingung. Hal ini tentu menjadikan hari-harimu tidak produktif. Untuk itu, yuk simak 5 cara mengatasi monkey mind berikut ini agar produktivitasmu tetap terjaga!

Yakin Dapat Menenangkannya

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah meyakini jika monkey mind bisa kamu taklukkan. Bisa jadi, saat ini berbagai pikiran negatif menghinggapi kepala. Namun, yakinlah, kamu bisa menenangkannya dan menguranginya karena kamulah pengusa pikiranmu sendiri.

Menenangkan Diri dengan Mindfulness

Kamu bisa melakukan mindfulness dengan menyendiri sebentar, duduk dengan tenang dan menutup mata untuk sesaat. Atur napas dengan menghirup dan menghembuskan napas dengan hidung. Biarkan pikiranmu jadi lebih kalem dan nikmati apa yang kamu rasakan saat ini. Kalau memiliki cukup waktu, kamu juga bisa memulai atau menutup hari dengan meditasi.

Hal ini akan menjadikanmu lebih tenang dan berpikiran jernih.

Melakukan Kegiatan Lain untuk Mendistraksi Pikiran Contohnya Mewarnai

Meski terlihat seperti anak kecil, nyatanya kegiatan mewarnai dapat membuat monkey mind jadi lebih jinak, lho. Melansir dari Forbes, beberapa penelitian memperlihatkan jika menggambar dapat mengurangi stres dan mengurai berbagai pikiran negatif yang bermunculan.

Tanpa kamu sadari, mewarnai mengajak pikiranmu terdistraksi sehingga fokus pada hal lain.

Namun, ini bergantung dari minat seseorang, kalau ada yang jadi lebih fokus dengan mendengarkan musik maka dengarkanlah musik. Intinya, baik mewarnai atau kegiatan lain yang membuatmu terdistraksi untuk melakukan kegiatan lain, pikiran atau emosi pada pikiran negatif jadi ikutan teralihkan. Nantinya, kamu jadi bisa berpikir lebih jernih, lho.

Menulis Jurnal

Selanjutnya, kamu bisa menulis dan merekam apa yang ada di pikiran dan sekitarmu. Jangan lupa tambahkan waktu, dengan siapa, serta apa yang kamu lakukan. Dengan ini, kamu bisa lebih spesifik merekam perasaan, pikiran, serta cara mengidentifikasi pemicunya.

Tanpa kamu sadari, membuat jurnal bisa mendukungmu menemukan penyebab berserta cara mengatasi permasalahanmu.

Berdamai dengan Masa Lalu

Tak jarang monkey mind mengajakmu kembali pada kejadian ke masa lalu. Adanya peristiwa yang membuatmu traumatis dapat membuat pikiranmu terus-menerus mengulang kejadin tersebut. Jika ingin menghentikan hal ini, kamu perlu berdamai dengan masa lalu itu.

Kamu bisa melakukan konseling, terapi, atau berbicara pada orang yang kamu percaya perihal masa lalumu itu. Memang tidak mudah melakukan hal ini, tapi saat kamu sudah bisa berdamai dengan masa lalu tersebut, beban pikiran yang lama kamu tanggung bisa kamu lepaskan.

Nah, itu dia 5 cara mengatasi monkey mind. Semoga kamu bisa menerapkannya dan mengatasi monkey mind yang kamu alami dengan baik.

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 50 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan