Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 26 Mei 2023 12:00 WIB ·

5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Berhenti Merokok!


Img: pexels-nuruddin-bharmal- Perbesar

Img: pexels-nuruddin-bharmal-

5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Berhenti Merokok! –Ginjal kamu memiliki beberapa fungsi seperti mengatur tekanan darah, membentuk sel darah merah, meningkatkan kesehatan tulang, dan masih banyak lainnya. Melansir American Kidney Fund, “penyakit ginjal meningkat pada level yang mengkhawatirkan”. Mereka menyatakan bahwa kini sebanyak 37 juta orang Amerika bertahan dengan penyakit ginjal, dan sekitar 807 ribu orang Amerika hidup dengan gagal ginjal.

Buruknya, 9 dari 10 orang tidak menyadari mereka telah menderita penyakit ginjal. Namun, bukan berarti semua orang yang sakit perut mendapatkan penyakit ginjal.

5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Berhenti Merokok!

 

Ada beberapa cara yang dapat berpengaruh pada kesehatan ginjal dan mencegah terjadinya gagal ginjal. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan ginjal:

Menerapkan pola makan sehat

Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK) menyarankan orang-orang untuk mengurangi konsumsi garam atau gula untuk menjaga kesehatan ginjal mereka. Para ahli organisasi tersebut menyarankan untuk mengonsumsi kurang dari 2000 miligram sodium setiap hari. Serta memperoleh kurang dari 10 persen kalori harian kamu berasal dari tambahan gula.

Banyak minum air

Menurut The National Academy of Medicine, kadar minum yang harus dipenuhi oleh pir adalah 13 cangkir per hari, sedangkan wanita memerlukan lebih banyak, yakni 9 cangkir. Namun, jika kamu memiliki massa tubuh yang tinggi, berlokasi di iklim yang hangat, atau berolahraga dengan teratur, kamu mungkin memerlukan lebih banyak.

Berhenti merokok

Ahli memberikan cara ketiga bahwa merokok dapat merusak kesehatan ginjal. Ia menjelaskan bahwa karena fungsi utama ginjal adalah membuang kotoran dari aliran darah, konsumsi produk yang dasarnya adalah limbah murni menuntut ginjal kamu bekerja terlalu berat.

Istirahat yang nyaman

Ginjal kamu akan berterima kasih sebab dapat tidur malam dengan cukup dan nyenyak secara rutin, idealnya dari tujuh hingga sembilan jam per malam. Dengan memiliki kebiasaan tidur yang teratur akan memberikan perubahan gaya hidup sehat seperti rekomendasi dokter. Kamu mungkin dapat mengurangi resiko terkena masalah ginjal dengan signifikan.

Tidak merokok

Para ahli memberikan cara ketiga bahwa merokok bisa merusak kesehatan ginjal kamu. Ia juga menjelaskan bahwa salah satu fungsi utama ginjal adalah membuang limbah dari aliran darah. Konsumsi produk yang dapat menjadi limbah murni dan membuat ginjal kamu bekerja terlalu keras.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Trending di Kesehatan