Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 6 Apr 2023 22:44 WIB ·

5 Fakta Menarik Dibalik Burung Hantu yang Misterius


Img: Pexels/jean-van-der-meulen- Perbesar

Img: Pexels/jean-van-der-meulen-

5 Fakta Menarik Dibalik Burung Hantu yang Misterius –Sejak lama burung hantu telah menjadi salah satu hewan yang sering orang bicarakan. Hewan ini sering orang-orang kaitkan dengan berbagai mitos dan dunia magis, termasuk yang terdapat dalam serial film Harry Potter, sebagai makhluk pengantar surat di dunia sihir. Padahal, di Inggris, burung hantu merupakan hewan yang penampilannya sering orang anggap sebagai pertanda keberuntungan.

Namun, di berbagai wilayah Indonesia, ada yang percaya bahwa ketakutan terhadap burung hantu berhubungan langsung dengan kematian atau rejeki. Mendengar namanya saja bisa membawa aura yang berbeda. Berikut ini fakta unik tentang burung hantu yang jarang orang ketahui:

5 Fakta Menarik Dibalik Burung Hantu yang Misterius

Bisa berenang

Steve Spitzer, seorang fotografer, memiliki merekam video di Loyola Park Beach di Chicago, Illinois, ketika seekor burung hantu bertanduk besar menerobos danau. Kemudian burung ini mencegah dua burung pemangsa memasuki air.

Tidak semua aktif di malam hari

Burung hantu terkenal dengan gaya hidup malam hari (aktivitas nokturnal), tetapi beberapa jenis tampaknya tidak demikian. Beberapa burung hantu bersifat diurnal, dalam arti mereka tumbuh pada siang hari, seperti burung hantu abu-abu besar (Strix nebulosa), burung hantu asli utara (Surnia ulula), dan burung hantu kerdil utara (Glaucidium gnoma).

Ada kemungkinan jenis burung hantu ini adalah pemburu yang aktif di siang hari untuk mangsa pilihannya, seperti burung penyanyi atau mamalia kecil. Selain itu, burung hantu adalah induk falco yang bengkak, yang merupakan burung siang hari.

Memiliki mata palsu

Salah satu jenis burung hantu kerdil memiliki mata kuning cemerlang dan rambut hitam di bagian belakang kepala yang tampak menyeramkan. Bintik mata ini dapat memperlambat atau menghanguskan predator yang mendekat dari belakang. Sulit bagi predator untuk menyerang ketika mangsanya mengawasi mereka dan penutup mata dapat memperlambat mereka. Karena jenis burung hantu kerdil utara aktif sepanjang hari, mereka akan dapat melihat mata mangsanya terlepas dari seberapa dekat mereka dengan burung hantu kecil.

Tidak membangun sarang sendiri

Burung hantu adalah pencuri sarang yang licik. Mereka tidak membangun rumah sendiri, melainkan menggunakan sarang atau rongga burung lain yang sudah tidak terpakai, seperti burung pelatuk.

Jari kakinya berlawanan

Burung hantu memiliki cakar zygodactyl, yang berarti mereka memiliki dua jenis arah jari. Dua bagian menghadap ke depan, dan dua bagian menghadap ke belakang. Saat mangsanya tertangkap, cakar seperti ini akan bisa mencengkeram mangsanya dengan erat.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 59 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Fakta Unik Seputar Jurusan

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

25 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern
Trending di Fun Facts