Berbicara tentang transportasi darat, nama kereta api pasti tidak akan ketinggalan. Transportasi yang satu ini memang begitu membantu masyarakat dalam melakukan mobilisasi sehari-hari. Selain karena tingkat kenyamanannya yang patut mendapat dua jempol, biaya yang kita keluarkan untuk tiket kereta api tidaklah begitu mahal. Tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, kita dapat dengan mudah menggunakan transportasi yang satu ini. Nah, dari semua manfaat yang kita dapatkan melalui transportasi satu ini, tahukah kalian bahwa kereta api menyimpan 5 fakta menarik? Dikutip dari laman resmi kai.id berikut adalah 5 fakta menarik kereta api Indonesia yang wajib kita ketahui. Check it out!
1. Solo-Yogyakarta adalah jalur pertama
Pembuka sejarah perkeretaapian di Indonesia berawal dari pencangkulan jalur kereta api pertama oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Mr L. A. J. Baron Sloet van de Beele. Pelaksanaan pencangkulan itu terjadi pada tanggal 17 Juni 1864 di Desa Kemijen dan menggunakan lebar sepur 1435 mm. Pencangkulan jalur itu merupakan pencangkulan untuk jalur Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta). Kemudian, untuk pembangunan jalur kereta dan lain sebagainya, perusahaan swasta berhasil mengambil alih. Perusahaan itu bernama Naamlooze Venootschap Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM).
2. Jalur pertama Pemerintah Hindia Belanda adalah Surabaya-Pasuruan-Malang
Melalui Staatssporwegen (SS) Pemerintah Hindia Belanda berhasil membangun jalur kereta api dengan jalur pertama Surabaya-Pasuruan-Malang. Pembangunan jalur itu berlangsung mulai tanggal 8 April 1975.
3. Jalur buatan investor swasta
Berkat kesuksesan NISM dan SS, para investor swasta pun mulai menaruh perhatiannya pada perkeretaapian Indonesia. Karena itulah, investor swasta mulai membangun jalur kereta api di beberapa daerah di Jawa yang antara lain adalah sebagai berikut.
- Semarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS)
- Semarang Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS)
- Serajoedal Stoomtram Maatschappij (SDS)
- Oost Java Stoomtram Maatschappij (OJS)
- Pasoeroean Stoomtram Maatschappij (Ps.SM)
- Kediri Stoomtram Maatschappij (KSM)
- Probolinggo Stoomtram Maatschappij (Pb.SM)
- Modjokerto Stoomtram Maatschappij (MSM)
- Malang Stoomtram Maatschappij (MS)
- Madoera Stoomtram Maatschappij (Mad.SM)
- Deli Spoorweg Maatschappij (DSM).
4. Terdapat jalur kereta di luar Jawa pula
Tidak hanya di Jawa, pembangunan jalur kereta api juga ada di beberapa daerah di luar Jawa, seperti di Aceh, Sumatera Utara, Sulawesi, dan lain sebagainya.
5. Tanggal pengambil alihan kantor Kereta Api Pusat Bandung diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia
Hari Kereta Api Indonesia ternyata merupakan hari pengambil alihan kantor Kereta Api Pusat yang berada di Bandung yang terjadi pada tanggal 28 September 1945. Momen ini terjadi setelah beberapa hari usai Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.
Nah, itulah 5 fakta unik kereta api Indonesia. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!