Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 21 Des 2022 18:00 WIB ·

5 Fakta Unik Kereta Api Blambangan Ekspres, Baru Beroperasi


Img: suaraindonesia.co.id/Ambang Hari Perbesar

Img: suaraindonesia.co.id/Ambang Hari

5 Fakta Unik Kereta Api Blambangan Ekspres, Baru Beroperasi –PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan armada baru yaitu KA Blambangan Ekspres. Kereta api ini melayani rute Semarang Tawang-Ketapang Banyuwangi PP dan akan mulai beroperasi pada 2 Desember 2022.

Menurut laporan di situs resmi PT KAI, Joni Martinus, Wakil Presiden Humas KAI, menyatakan bahwa KA Blambangan Ekspres diluncurkan untuk memudahkan masyarakat melakukan perjalanan dari Semarang ke Ketapang, Banyuwangi melalui Cepu, Jember, dan Ketapang.

5 Fakta Unik Kereta Api Blambangan Ekspres, Baru Beroperasi

Penasaran dengan apa saja yang terjadi di KA Blambangan Ekspres? Oke, lihat ringkasannya!

Nama terinspirasi dari nama kerajaan

Nama kereta api di Indonesia memang selalu kaya akan sejarah, tak terkecuali KA Blambangan Ekspres. Namanya terinspirasi dari nama sebuah kerajaan Indo-Eropa yang pernah ada di ujung timur Pulau Jawa, yaitu Kerajaan Blambangan. Kerajaan yang terletak di pulau Blambangan ini didirikan antara abad ketiga belas dan keempat belas SM.

Terdiri dari kelas eksekutif dan ekonomi

Setiap rangkaian perjalanan KA Blambangan Ekspres terdiri dari empat KA eksekutif dan tiga KA ekonomi. Kursi kereta berkonfigurasi 2-2, dengan total 440 kursi tersedia. Tidak banyak, bukan?

Berhenti di 18 stasiun

KA Blambangan Ekspres setidaknya akan singgah di 18 stasiun sepanjang jalur Semarang Tawang-Ketapang dengan total jarak tempuh 590 kilometer. Waktu tempuh rata-rata adalah 10 jam 14 menit (Ketapang-Semarang Tawang) dan 10 jam 35 menit (Ketapang-Semarang Tawang) (Semarang Tawang-Ketapang).

  • Kereta api dari Semarang Tawang tiba di stasiun Ngrombo, Cepu.
  • Bojonegoro, Lamongan, Pasarturi, Surabaya
  • Gubeng, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Surabaya
  • Tanggul, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Kota Banyuwangi, dan Ketapang.

Beroperasi pada hari tertentu

Pada tahap awal dan sebagai uji coba, KA Blambangan Ekspres akan beroperasi pada minggu-minggu terakhir setiap bulan dan pada tanggal tertentu, yaitu 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18, dan dari tanggal 22 hingga 31 Desember 2022. Bisa jadi untuk memesan tiket melalui semua saluran penjualan resmi KAI mulai 22 November.

Memberikan tarif promo 150 ribu

Untuk mempromosikan KA Blambangan Ekspres, KAI memberikan diskon khusus kepada masyarakat mulai 2 Desember hingga 18 Desember 2022. Harga bagasi adalah Rp 150.000 untuk kelas ekonomi dan Rp 250.000 untuk kelas eksekutif. Tiket- tiket ini dapat dibeli melalui salah satu jalur distribusi resmi KAI.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 66 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Mengenal Kampus UT

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Tips Meningkatkan Skill

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts