Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 26 Sep 2022 15:00 WIB ·

5 Makanan Pereda Nyeri Haid, Mudah Ditemukan, lho!


img: Pexels/Ella Olsson Perbesar

img: Pexels/Ella Olsson

Kamu sering menglami nyeri perut saat haid? Tenang, beberapa makanan pereda nyari haid berikut ini bisa jadi salah satu solusi nyeri haidmu. Simak daftarnya sampai akhir, ya!

1. Yoghurt

Salah satu makanan yang bisa kamu andalkan untuk mengatasi nyeri saat menstruasi yakni yoghurt. Pasalnya, yoghurt mempunyai kandungan kalsium dan kaya akan kandungan magnesium. Hal ini menjadikan yoghurt baik untuk kamu konsumsi bagi wanita yang tengah menstruasi.

Dengan secangkir yoghurt, dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian sebanyak 25 persen. Selain itu, kandungan probiotik yang terdapat pada yoghurt juga dapat membantu mengurangi risiko terserang infeksi jamur selama masa menstruasi.

2. Pisang

Buah dengan cita rasa manis ini mempunyai kandungan vitamin B6 yang sangat melimpah, lho! Bukan cuma itu, kandungan kalium yang terdapat di dalamnya juga mampu mengatasi kram dan kembung pada perut.

Adanya kandungan vitamin dan potasium pada buah pisang juga dianggap efektif dalam memperbaiki mood dan meningkatkan pergerakan otot. Dengan begitu, kram perut bisa kamu hindari, sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman.

3. Kacang-kacangan

Bukan hanya cocok menjadi camilan, ternyata kacang-kacangan juga mampu membantu mengatasi nyeri haid.  Hal ini karena kacang-kacangan mempunyai kandungan vitamin B6 serta magnesium yang dapat meredakan gejala nyeri menstruasi.

Nag, apabila tak suka mengonsumsi kacang-kacangan secara langsung, maka cobalah untuk menikmati selai kacang pada roti favoritmu saat mengalami menstruasi. Ini juga akan membantu memperbaiki mood yang buruk.

4. Brokoli

Sayuran hijau dapat menjadi pilihan yang baik untuk meredakan nyeri menstruasi. Kandungan magnesium di dalamnya mampu mengurangi rasa gelisah yang mungkin saja kamu rasakan saat datang bulan.

Seperti halnya brokoli yang mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang terbukti dapat membantu melawan kram mestruasi, di antaranya vitamin C, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, kalium, kalsium, serta magnesium. Brokoli juga dapat menstabilkan sistem pencernaan, dan juga menjadi sumber serat yang baik untuk membantu mengatur kadar ekstrogen.

5. Semangka

Buah yang identik dengan daging berwarna merah cerah ini mempunyai banyak kandungan air, sehingga mampu membuat tubuh tetap terhidrasi. Dengan demikian, gejala seperti sakit kepala maupun kram perut ketika menstruasi pun dapat kamu hindari.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk meredakan rasa nyeri saat haid.

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan