Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 24 Agu 2022 09:00 WIB ·

5 Rutinitas Pagi yang Membantu Tidur Nyenyak di Malam Hari


img: istockphoto.com/Jay_Zynism Perbesar

img: istockphoto.com/Jay_Zynism

Sejumlah rutinitas pagi dapat membantu tidur nyenyak di malam hari kamu, lho!

Apa saja ya kira-kira?  Berikut beberapa hal penting yang dapat kamu lakukan sebagai rutinitas pagi untuk membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Membuka Jendela

Cobalah untuk membuka tirai atau sedikit bagian jendela, jika memungkinkan untuk mendapatkan cahaya di pagi hari, yang bisa membuat otakmu beralih ke mode terjaga.

Semakin terjaga, berenergi, dan aktif di pagi hari akan membuat dorongan lebih besar untuk tidur di malam hari.

Jalan atau Lari Pagi

Setelah terjaga di pagi hari, sekarang cobalah untuk berjalan-jalan di luar atau berolahraga lari. Kegiatan ini akan membuatmu melepaskan endorfin alami yang menjaga mood dan merasa bersemangat. Hal ini juga akan membuat tidur di malam hari terasa lebih nyenyak, lhoo!

Berinteraksi dengan Orang Tercinta

Berinteraksi dengan orang-orang yang kamu cintai mampu memiliki efek yang sama seperti berolahraga di pagi hari. Kegiatan ini akan membuatmu melepaskan endorfin alami yang menjaga mood dan merasa bersemangat, sehingga akan membuat tidurmu di malam hari terasa lebih nyenyak.

Merapikan Tempat Tidur

Meski tidak terlihat relevan, orang-orang yang memiliki kebiasaan membersihkan dan merapikan tempat tidur di pagi hari cenderung tidur lebih nyenyak di malam hari.

Sebuah studi yang terbit dalam Journal of Personality and Social Psychology mencoba menjelaskan fenomena ini. Kamar tidur yang berantakan diduga sangat mengganggu dan berpotensi menstimulasi produksi kortisol seseorang. Tingginya kadar hormon kortisol dalam tubuh ternyata dapat mengganggu waktu dan kualitas tidur.

Sebaliknya, melihat kamar tidur yang bersih dan rapi memberikan efek yang sama sekali berbeda. Seseorang akan cenderung lebih tenang dan rileks ketika kamar tidur bersih dan rapi. Perasaan nyaman yang ditimbulkan pun membantu tubuh terlelap lebih cepat dan nyenyak.

Sarapan

Kerap menjadi aktivitas yang terlewat, sarapan sehat ternyata memberikan efek positif untuk kualitas tidur seseorang, lho! Sebuah studi yang terbit dalam Current Developments in Nutrition pada 2019 menyebutkan, orang-orang yang mengonsumsi sarapan bisa fokus di pagi hari dan cenderung tidur lebih nyenyak di malam hari.

Nah, itu dia 5 rutinitas pagi dapat membantu tidur nyenyak di malam hari. Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan