Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 5 Jan 2023 12:00 WIB ·

5 Sayuran yang Menjadi Pantangan Asam Lambung


Img: Pexels/Yaroslav-Shuraev Perbesar

Img: Pexels/Yaroslav-Shuraev

5 Sayuran yang Menjadi Pantangan Asam Lambung —Sayuran pada umumnya memiliki kadar kandungan yang tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa sayuran penyebab asam lambung? Jika mengkonsumsi sayuran tersebut dalam jangka waktu lama, terutama oleh penderita asam lambung, maka akan menyebabkan asam lambung naik dan menyebabkan GERD.

Maka dari itu, kamu harus berhati-hati atau mencoba menghindarinya. Lantas, sayuran apa saja yang menyebabkan asam lambung? Mari kita cari tahu dengan artikel di bawah ini!

5 Sayuran yang Menjadi Pantangan Asam Lambung

Kubis

Kubis adalah sayuran pertama penyebab asam lambung. Yap, kamu harus menyadari bahwa kol dapat menyebabkan gas di perut. Akibatnya, asam lambung akan naik ke kerongkongan.

Ini juga karena kubis merupakan makanan yang sulit dicerna karena mengandung rafinosa, yang membuat bakteri sulit dicerna saat melewati usus besar. Akibatnya, jika kamu mengalami penyakit lambung berulang, sebaiknya hindari makan kubis.

Seledri

Sayuran pemicu asam lambung selanjutnya adalah seledri. Sama halnya dengan kubis, seledri juga termasuk sayuran yang menghasilkan gas dalam perut.

Apabila produksi gas di dalam perut berlebihan, maka akan menimbulkan gejala seperti mual dan nyeri. Maka dari itu, apabila kamu memiliki riwayat asam lambung atau sedang kambuh, lebih baik mengurangi atau bahkan menghindari sayuran ini.

Tomat

Tomat merupakan sayuran yang sering menjadi penyedap makanan atau juga bisa kita konsumsi saat mentah. Namun, terlepas dari kenyataan bahwa tomat sangat populer, ternyata tomat mengandung kadar asam yang tinggi. Jika secara berlebihan, hal ini dapat menyebabkan peningkatan asam lambung pada orang yang memiliki penyakit asam lambung.

Untuk mencegah penyakit refluks asam berulang, kamu harus terlebih dahulu menentukan tingkat toleransi kamu terhadap tomat.

Daun bawang

Selanjutnya, daun bawang merupakan sayuran yang tidak boleh mereka konsumsi dalam jumlah banyak oleh penderita asam lambung. Karena daun bawang mengandung fruktosa, maka berpotensi meningkatkan produksi asam lambung. Namun, masih perlu penelitian tambahan untuk memastikan ini.

Cabai

Kita semua tahu bahwa cabai adalah sayuran yang dapat memberikan rasa pedas pada makanan. Sementara itu, makanan pedas tidak boleh dikonsumsi oleh siapa saja yang menderita maag atau GERD. Alhasil, cabai menjadi salah satu sayuran yang harus dihindari penderita asam lambung, apalagi jika sudah kambuh.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 253 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri
Trending di Kesehatan