Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 18 Okt 2022 09:00 WIB ·

5 Tips Hemat untuk Belanja Kebutuhan Sehari-hari, Anak Kos Wajib Tahu!


img: pexels/Anna Shvets Perbesar

img: pexels/Anna Shvets

Kebutuhan pokok sehari-hari memang menjadi kebutuhan dasar yang harus kamu penuhi setiap bulannya. Namun, bukan berarti kamu bisa menghabiskan seluruh uangmu untuk sekali belanja. Untuk itu, kamu harus mulai menerapkan tips hemat untuk belanja kebutuhan sehari-hari berikut ini! Simak sampai selesai, ya!

1. Mencatat daftar kebutuhan

Lapar mata memang seringkali terjadi saat sedang berbelanja. Untuk itu, kamu perlu mencatat list kebutuhan bulanan agar kamu tidak melakukan tindakan impulsif dan membeli barang yang tidak sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Selain itu, kamu juga bisa menghitung perkiraan nominal pengeluaran yang harus kamu siapkan untuk berbelanja. Dengan demikian, kamu bisa belanja sesuai anggaran yang telah kamu tentukan tersebut dan keuanganmu pun akan lebih tertata.

2. Berbelanja di pasar tradisional

Berbeda dengan supermarket atau swalayan besar, harga bahan pangan di pasar tradisional cenderung jauh lebih murah, kamu juga bisa menawar harganya, dan tidak ada tambahan pajak.

Namun, perlu kamu ingat jangan lupa untuk menyediakan uang tunai sesuai anggaran belanja harian untuk menghindari tindakan impulsif berbelanja dan pemborosan.

3. Membawa uang tunai sesuai anggaran belanja

Kebiasaan berbelanja hal yang tidak penting karena melihat uang yang masih tersisa banyak di dompet juga merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan pemborosan. Maka dari itu, sebaiknya kamu membawa jumlah uang tunai secukupnya sesuai anggaran yang telah kamu catat tadi.

Cara ini tergolong cukup efektif karena secara psikologis kamu akan merasa bahwa uang yang kamu miliki tinggal sedikit saja dan telah cukup. Dengan demikian, kamu pun akan terhindar dari membeli barang-barang yang tidak penting.

4. Menghindari penggunaan kartu kredit

Jika kamu memiliki penghasilan yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari, khususnya anak kos, kamu harus menghindari penggunaan kartu kredit. Pasalnya, kartu kredit memiliki sistem yang sama seperti utang.

Lebih baik kamu menahan diri untuk berbelanja daripada harus menanggung beban utang setiap bulannya. Langkah ini berguna agar kamu mengalokasikan keuangan sesuai dengan jumlah yang kamu miliki saja.

Jika kamu masih belum memiliki dana yang cukup, lebih baik kamu menabung terlebih dahulu.

5. Mencari produk yang diskon

Setiap bulannya, pasti ada saja diskon dan promo menarik yang ditawarkan baik oleh toko online maupun offline. Jadi, pastikan kamu terlebih dahulu membandingkan harga pada produk incaranmu untuk mendapatkan produk dengan harga yang termurah.

Nah, itu dia 5 tips hemat belanja kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack