Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 1 Jan 2023 18:00 WIB ·

6 Kondisi Pemicu Terjadinya Pendarahan Otak


Img: Pexels/Tima-Miroshnichenko Perbesar

Img: Pexels/Tima-Miroshnichenko

 6 Kondisi Pemicu Terjadinya Pendarahan Otak –Perdarahan otak adalah perdarahan yang terjadi di dalam jaringan serebral. Kondisi ini karena  pecahnya arteri otak, yang menyebabkan pembengkakan lokal di jaringan sekitarnya dan mematikan sel-sel otak.

Banyak orang yang mengalami pendarahan otak mengalami gejala yang mirip dengan stroke, seperti kelemahan pada satu sisi tubuh, kesulitan berbicara, atau tremor. Pendarahan otak adalah kondisi medis serius yang harus  mendapatkan penanganan sesegera mungkin oleh dokter rumah sakit.

6 Kondisi Pemicu Terjadinya Pendarahan Otak

Ada banyak faktor risiko dan penyebab kondisi ini. Berikut ini adalah penyebab umum dari pendarahan otak:

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, adalah penyakit kronis yang dapat merusak dinding pembuluh darah, termasuk di otak. Jika tekanan darah tidak terkendali, kondisi ini berpotensi menyebabkan penggumpalan darah (stroke hemoragik).

Cedera kepala

Cedera kepala umumnya terjadi ketika seseorang mengalami kecelakaan lalu lintas, jatuh dari ketinggian, atau menderita cidera akibat olahraga. Pada orang tua, pendarahan otak dapat terjadi meskipun cidera ringan, misalnya luka terbuka atau tanda cidera lainnya.

Kelainan pembuluh darah

Kondisi yang dapat terdeteksi saat hamil ini berpotensi melemahkan dinding pembuluh darah di sekitarnya dan di dalam serviks. Kondisi ini dikenal sebagai malformasi arteri vena.

Orang dengan gangguan ini tidak selalu mengeluhkan gejala apapun, tetapi pembuluh darah dapat tersumbat secara tidak terduga dan menyebabkan kondisi yang berbahaya.

Gangguan pembekuan darah

Turunnya trombosit juga dapat menyebabkan pendarahan otak. Anemia sel sabit (suatu kondisi di mana sel darah merah memiliki bentuk abnormal), hemofilia (di mana tubuh kekurangan protein untuk pembekuan darah), dan pengencer darah semuanya dapat berperan.

Pembengkakan pembuluh darah (aneurisma)

Aneurisma melemahkan pembuluh darah sehingga mudah hancur, yang dapat menyebabkan pembengkakan dan pendarahan di dalam otak. Kondisi ini dapat menyebabkan stroke.

Angiopati amiloid

Angiopati amiloid merupakan kondisi dimana terdapat kelainan pada dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh usia atau hipertensi. Kondisi ini dapat menyebabkan banyak gumpalan darah kecil yang menyebabkan gumpalan darah yang lebih besar.

Faktor lain yang dapat menyebabkan pendarahan otak termasuk tumor dan gangguan pada hati.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan