Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 10 Nov 2022 09:00 WIB ·

7 Jenis Helm dan Fungsinya, Jangan Asal Pakai!


7 Jenis Helm dan Fungsinya, Jangan Asal Pakai! Perbesar

Helm merupakan komponen penting dalam berkendara. Namun, tahukah kamu? Ternyata, ada beberapa jenis helm yang fungsinya berbeda-beda, lho! Penasaran? Yuk, simak artikel tentang 7 jenis helm dan fungsinya berikut ini!

1. Open Face

Helm yang satu ini adalah jenis helm yang paling sering kita jumpai. Namun, helm ini sebetulnya tidak terlalu sesuai jika digunakan untuk berkendara jarak jauh karena bagian wajah yang benar-benar dibiarkan terbuka begitu saja tanpa perlindungan.

Kelebihan helm ini tentu saja lebih ringan dan terasa bebas dan lega ketika memakainya. Selain itu, penglihatan juga tak terhalang dan napas pun lancar tanpa tertutup apapun.

2. Full face

Keebihan helm full face adalah memberikan perlindungan penuh untuk seluruh area kepala, mulai dari bagian belakang, derang wajah hingga dagu.

Helm ini merupakan standar dan cocok untuk berkendara dengan jarak jauh karena perlindungannya yang maksimal, membuat kepala kita terlindungi dari hujan, angin, serangga, panas menyengat bahkan hingga debu yang beterbangan di jalan.

Kekurangan ini adalah sudut padang pengendara menjadi tak terlalu bebas, meskipun sebenarnya tetap nyaman-nyaman saja.

3. Off road

Jenis helm yang satu ini digunakan untuk para pembalap motor cross atau trail yang biasa mengendarai motor di medan yang terjal dan sulit.

Bagian dagu yang menonjol dan adanya kacamata khusus, berguna untuk melindungi pengendara dari kemungkinan cedera akibat kecelakaan yang memang sangat besar risikonya dalam kegiatan balap.

4. Dual Sport

Jenis helm dual sport ini juga mampu memberikan proteksi penuh bagi kepala, lho!

Fungsi dan desain helm ini pun adalah gabungan dari helm full face dan off road, sehingga penggunaan helm ini cocok untuk berkendara dengan jarak yang sangat jauh maupun di medan yang sulit.

5. Half Face

Helm ini adalah modifikasi dari helm open face yang ditambahkan kaca pelindung di bagian depan untuk melindungi wajah, sehingga lebih aman dan mampu memberikan perlindungan lebih baik pada wajah dan kepala.

6. Modular – Flip Up

Jenis helm yang satu ini sebetulnya memilki fungsi yang sama dengan helm full face. Kelebihannya, bagian bawah helm yang berfungsi melindungi dagu bisa di angkat, sehingga helm seakan-akan menjadi helm half face.

7. Shory Helmet

Helm ini hanya melindungi bagian atas kepala tanpa ditambah kaca atau bagian pelindung apapun pada wajah.

Penggunaan helm ini sebaiknya hanya untuk jarak dekat saja dan digunakan di medan aspal yang tenang, karena jika helm ini tak mampu memberikan proteksi maksimal untuk kepala.

Nah, itu dia 7 jenis helm dan fungsinya. Sekarang sudah tahu kan, perbedaannya? Jadi, pastikan memilih helm sesuai kebutuhanmu, ya!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 87 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Kampus PTN

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Lulusan Manajemen jadi pebisnis

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts