Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 22 Sep 2022 15:00 WIB ·

7 Tempat Ini Tidak Boleh Dilintasi Pesawat Terbang, Ini Alasannya!


img: pixabay.com/PublicDomainPictures Perbesar

img: pixabay.com/PublicDomainPictures

Pesawat adalah salah satu moda transportasi umum yang paling efektif untuk menempuh jarak menengah sampai dengan jauh. Namun, ada beberapa tempat yang tidak boleh dilintasi pesawat sehingga pilot harus terbang menghindarinya. Area mana saja? Simak sampai akhir ya!

Ka’bah, Mekkah

Terkenal sebagai tujuan akhir ziarah haji dan pusat agama Islam serta sejarah yang sangat penting, tidak ada pesawat penumpang yang diizinkan terbang di atas Makkah, terutama di area Ka’bah. Hal ini merupakan peraturan dari pemerintah Arab Saudi.

Namun, terdapat pula teori bahwa adanya anomali magnet di atas Kakbah yang bisa mengacaukan sistem navigasi pesawat. Selain itu, medan gravitasi di atas Kakbah juga dikatakan cukup kuat sehingga pesawat tidak dapat terbang terlalu tinggi dan membahayakan para jemaah.

Kutub Utara

Kutub Utara memiliki medan geomagnetik. Kalau kamu bepergian ke area ini, jangan membawa kompas karena benda itu tidak akan berfungsi di sana. Hal itu juga berlaku sama untuk sistem navigasi pesawat.

Pegunungan Himalaya

Alasan pesawat tidak boleh melintasi area ini adalah jika pesawat mengalami keadaan darurat maka pilot harus menurunkan ketinggian ke 3.000 meter untuk mengatasi masalah pasokan oksigen. Ini sangatlah berbahaya karena titik tersebut dekat dengan ketinggian rata-rata pegunungan Himalaya. Pesawat harus berkelok-kelok menghindari pegunungan dan tentunya hal ini sangat berisiko.

Antartika

Antartika adalah salah satu benua yang berada di wilayah kutub selatan. Benua ini memiliki beberapa pegunungan yang diselimuti oleh salju dan juga angin yang kencang. Kondisi ini bisa menurunkan jarak pandang pilot yang tentunya sangat membahayakan.

Pabrik Nuklir Pantex, Texas

Pantex Plant adalah sebuah pabrik nuklir di Amarillo, Texas, yang berguna untuk menjaga dan mengamankan keseluruhan material nuklir milik Amerika Serikat.

Pemerintah AS melarang pesawat terbang di area ini karena tidak ingin hal buruk terjadi seperti ledakan nuklir yang sangat mematikan.

Disney World dan Disneyland

Pada 2003, Disney Corporation memberlakukan larangan terbang pada kedua area ini untuk masalah keamanan. Hal ini bertujuan menjaga keamanan para pengunjung jika suatu saat ada pesawat yang mengalami masalah dan perlu pendaratan darurat di area Disney.

Taj Mahal, India

Pemerintah India menetapkan zona larangan terbang di wilayah ini pada tahun 2006 terutama untuk melindungi bangunan dan wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

UNESCO sendiri telah mengakui pentingnya bangunan ini dan menetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1983.

Itu dia 7 tempat yang tidak boleh dilintasi pesawat. Masing-masing memiliki alasan dan nilainya sendiri sehingga tidak memperbolehkan pesawat melintasinya.

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 93 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Fakta Unik Seputar Jurusan

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

25 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern
Trending di Fun Facts