Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 6 Feb 2023 19:00 WIB ·

8 Jenis Jajanan Pasar Masa Kecil


Pinterest : @jajabakes Perbesar

Pinterest : @jajabakes

Jajanan Pasar – Jajanan pasar merupakan makanan atau jajanan tradisional yang dimana diperjualbelikan di pasar tradisional, seperti jajanan basah dan berbagai macam kue tradisional yang ada. Mengingat jajanan tradisional, pastinya rindu dengan masa kecil dulukan. Jajanan pasar ini sangat popular untuk semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Berikut 8 jenis jajanan pasar waktu kecil

  1. Serabi

Serabi

Pinterest: @anitabjm

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan satu ini, serabi merupakan jajanan tradisional yang saat ini masih ada. Serabi yang masih hangat sangat lezat untuk mengganjal perut sebelum sarapan. Dengan bentuknya bulat, berwarna putih atau hijau. Serabi ini terbuat dari bahan dasar tepung beras, vanilla, gula, pandan, garam, dan santan kelapa. Serabi akan dimasak diatas arang dengan cara dipanggang, setelah itu di sajiakan dengan parutan kelapa diatasnya.

  1. Getuk Lindri

Gethuk Lindri

Pinterest: @resepmamiku

Getuk lindri nama yang sangat unik. Jajanan ini sangat populer dikalangan anak-anak, sebab memiliki warna yang sangat cantik. Bahan utama jajanan ini yaitu singkong. Cara membuat Gethuk lindri dengan mengukus singkong dan haluskan sampai kalis, setelah adonan jadi, beri gula sebagai pemanis. Lalu sajikan dengan parutan kelapa diatas getuk lindri yang nikmat.

  1. Klepon

Klepon

Pinterest : @yoexplore

Klepon jajanan yang manis dan bertekstur kenyal. Bulatan kecil merupakan bentuk klepon dengan isian gula jawa. Dengan menambah parutan kelapa disaat disajikan memberi kesan nikmat pada jajan tersebut. Bahan utama klepon yaitu tepung beras ketan, hampir sama dengan jajanan onde-onde. Selanjutnya ada warna hijau alami dari daun pandan, tak heran ketika makan klepon wanginya harum sekali.

  1. Mendut

Kue Mendut

Pinterest: @sindrianty

Mendut merupakan jajan yang masih ada hingga sekarang. Mendut terbuat dari tepung ketan yang diisi adonan kelapa dan gula merah serta memiliki ciri khas berwarna hijau. Dengan menggunakan daun pisang sebagai bungkus jajanannya. Dengan tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, tidak akan berhenti ketika kalian memakannya.

  1. Kue Putu

Kue Putu

Pinterest : @widyahalim

Kue putu ini terbuat dari tepung beras, gula jawa, dan parutan kelapa. Kue putu berbentuk seperti tabung kecil yang umumnya berwarna hijau dan putih. Cara masaknya cukup unik dan menarik, yaitu dengan memasukan adonan putu kedalam tambung kecil, lalu dimasak menggunakan uap. Dengan teknik memasak tersebut, putu memiliki aroma yang khas.

  1. Kue Cente Manis

Kue Cante Manis

Pinterest : @tastemade

Jajanan kali ini yaitu Kue Cente Manis, yang mana bahan utama dengan menggunkan tepung kacang hijau (hankue), biji delima, daun pandan, garam dan gula pasir. Jajanan ini lembut apabila dimakan, dan memiliki tampilan menarik.

  1. Dadar Gulung

Dadar Gulung

Pinterest: @Topwisata_info

Dadar gulung yaitu salah satu makanan tradisinonal yang terbuat dari campuran tepung terigu, santan, garam dan pasta pandan. Bentuk bulat memanjang khas dari dadar gulung. Isi dari dadar gulung yaitu campuran parutan kelapa dan gula jawa. Warna khas dadar gulung yaitu hijau.

  1. Cenil

Cenil

Pinterest: @resepmamiku

Anak kecil pasti suka dengan jajanan satu ini. Jajanan ini terbuat dari singkong, bahan utamanya adalah singkong, tepung kanji. Warna cenil beragam mulai dari merah, kuning, hijau sesuai selera. Sajikan cenil dengan parutan kelapa di atas cenil dan tambah gula pasir agar enak dan manis rasanya.

 

Jadi ingin kembali ke masa lalu ya teman-teman mediaedukasi.id, pergi ke pasar hanya bertujuan membeli beberapa jajanan pasar yang masih lengkap.

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 83 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner