Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 12 Sep 2022 20:47 WIB ·

9 Makanan Tinggi Serat, Solusi Tubuh Sehat dan Bugar


img: pixabay.com/pexels Perbesar

img: pixabay.com/pexels

Salah satu sumber nutrisi yang tidak bisa disepelekan adalah serat. Dengan mengonsumsi makanan mengandung serat, pencernaan akan semakin lancar. Nah, yuk simak 9 makanan tinggi serat berikut ini!

Kacang Almond

img: pixabay.com/stevepb

Makanan yang pertama, yaitu kacang almond. Kacang almond terkenal baik untuk tubuh karena makanan ini mengandung 4 gram serat per 1 ons, sehingga cocok juga untuk dijadikan menu sarapan.

Alpukat

Selanjutnya adalah buah alpukat yang memiliki kandungan lemak baik dan menjadi kandungan serat tinggi, yaitu kurang lebih kurang lebih 10-14 gram. Sama halnya dengan kacang almond, alpukat ini juga cocok sebagai bahan sarapan untuk menambah serat dalam tubuh.

Chia Seed

img: pixabay.com/ximatsuking

Makanan yang satu ini cocok menjadi pelengkap sarapan karena kandungan seratnya hingga 10 gram per 28 gram sajian. Nah, selain itu biji chia ini juga cocok kamu olah sebagai puding.

Oat

img: pixabay.com/pexels

Bahan makanan ini sering menjadi teman sarapan manis maupun asin. Kandungan serat yang dimiliki oat ini juga cukup tinggi, lho, yaitu per 1 cangkir oat sekitar 8 gram kandungan serat.

Bayam

img: pixabay.com/ponce_photography

Sayuran yang satu ini bisa kamu jadikan sup hingga salad dengan banyak manfaat, lho. Secangkir bayam masak memiliki 4 gram serat yang sangat bermanfaat dan baik bagi pencernaanmu.

Roti Gandum

img: pixabay.com/Couleur

Seperti yang kita tahu, makanan yang satu ini selalu jadi menu sarapan favorit. Selain mengenyangkan, bahan ini juga punya serat hingga 7 gram per 100 gram sajian, lho! Sangat baik untuk pencernaanmu.

Brokoli

img: pixabay.com/silviarita

Sayuran dengan kandungan serat tinggi selanjutnya adalah brokoli. Brokoli cocok direbus atau dikukus dan dimakan bersama protein. Per 1 cangkir brokoli memiliki serat sebanyak 4 gram, lho! Cukup tinggi bukan?

Labu

img: pixabay.com/congerdesign

Satu lagi sayuran dengan kandungan serat tinggi yang baik untuk pencernaan, yaitu labu. Dalam 1 ons biji labu, kamu bisa mendapatkan kurang lebih 5 gram serat untuk penuhi kebutuhan gizi harian.

Edamame

img: pixabay.com/McDrok_the_RhythmDoc

Makanan yang satu ini mungkin sedikit asing bagi sebagian orang. Meskipun cuma direbus, edamame terasa lezat dengan kandungan serat yang tinggi, yaitu sekitar 8 gram per 100 gram sajian, lho.

Nah, itu dia 9 makanan tinggi serat yang baik untuk pencernaanmu. Tetap jaga asupan serat dalam tubuhmu, ya!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan