Banyak orang yang mungkin merasa kebingungan dan kewalahan ketika merespons orang di sekitarnya yang sedang berjuang melalui tekanan. Maka, penting sekali setiap individu memiliki pemahaman mengenai pertolongan pertama psikologis, agar dapat bereaksi secara tepat ketika menghadapi seseorang yang krisis secara psikologis.
Nah, untuk itu, yuk ketahui lebih detail mengenai psychological first aid!
Apa itu Psychological First Aid (PFA)
Menurut Sphere (2011) dan IASC (2007), Pertolongan Psikologis Pertama (P3) atau Psychological First Aid (PFA) dideskripsikan sebagai sebuah respons yang bersifat manusiawi dan suportif kepada sesama manusia yang sedang menderita atau memerlukan dukungan. Terdapat beberapa respons yang termasuk dalam pertolongan psikologi pertama ini, di antaranya:
- Memberikan perawatan serta dukungan yang praktis, namun tidak menginterupsi;
- Mencanangkan kebutuhan dan juga hal-hal yang harus diperhatikan;
- Membantu orang yang mengalami krisis untuk mendapatkan akses terhadap; kebutuhan dasar, seperti makanan, minuman ataupun informasi;
- Menjadi pendengar, namun tidak memaksa mereka untuk berbicara tentang yang dialaminya;
- Menghibur orang yang mengalami krisis untuk dapat terhubung pada penyedia informasi, layanan-layanan lain, dan sosial;
- Melindungi orang-orang dari bahaya lebih lanjut.
Perlu diperhatikan bahwa dalam penanganan orang kritis psikologi sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional, tapi dapat juga dilakukan semua orang ketika mendapati keadaan yang darurat, sebelum dibawa ke tenaga ahli.
Cara Memberikan Psychological First Aid (PFA)
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak memberikan pertolongan psikologi pertama, di antaranya berikut ini:
1.Komunikasi yang bagus
Seseorang yang mengalami kejadian tak menyenangkan kemungkinan ingin menceritakan masalahnya. Maka, jadilah pendengar yang baik, peka terhadap bahasa tubuh dan kata-kata saat kamu berkomunikasi dengan orang lain.
2. Pelajari situasi
Hal perlu diperhatikan yaitu mempelajari situasi krisis, mempelajari layanan dan dukungan, serta mempelajari keselamatan dan keamanan.
3. Penatalaksanaan pertolongan psikologis pertama (P3)
Tiga hal yang mendasar mengenai standar operasional P3 yaitu lihat, dengar, dan hubungkan. Pada proses mengamati hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu periksa keamanan, periksa dengan saksama apakah ada yang memerlukan bantuan gawat darurat, periksa orang-orang dengan reaksi stres yang sangat serius.
Adapun, pada tahap mendengar yaitu kamu perlu mendekati orang-orang yang mungkin memerlukan bantuan, tanyakan mengenai apa yang mereka butuhkan, dan dengarkan cerita mereka.
Sedangkan, pada tahap menghubungkan kamu perlu membantu orang-orang yang kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan dan layanan mendasar, bantulah untuk mengatasi permasalahannya, berikan informasi, serta hubungkan mereka dengan keluarganya, dan bantuan sosial.
Nah, itu ulasan lebih detail mengenai psychological first aid. Kemenkes juga telah menyarankan warga yang membutuhkan bantuan terkait masalah kejiwaan untuk langsung menghubungi profesional kesehatan jiwa di Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.
Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!