Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 5 Jul 2022 13:00 WIB ·

Terkuak! Ini 5 Alasan yang Membuat Kamu Jadi Sasaran Nyamuk!


Img: pixabay.com -  WikiImages Perbesar

Img: pixabay.com - WikiImages

Saat bersama teman atau keluarga, kita kerap kali mendapat gigitan nyamuk, padahal orang lain tidak mendapatkannya. Hal itu pun bisa berlaku sebaliknya. Ketika orang lain menjadi sasaran nyamuk, kita tidak mendapat satu pun gigitan. Wah, kenapa bisa begitu ya? Ternyata ada 5 alasan yang membuat seseorang bisa menjadi sasaran nyamuk, lo! Kira-kira apa aja ya? Yuk, simak 5 alasan jadi sasaran nyamuk!

 

1. Bau badan

Alasan pertama adalah ternyata nyamuk lebih tertarik pada senyawa-senyawa tertentu yang ada pada kulit dan keringat manusia. Senyawa yang memberi kita bau atau aroma tertentu itu ternyata terasa seperti pancingan untuk nyamuk karena nyamuk tertarik dengan senyawa itu. Berdasarkan penelitian, senyawa-senyawa yang menarik perhatian nyamuk itu termasuk amonia dan asam laktat. Selain itu, faktor genetik dan bakteri tertentu juga turut memengaruhi bau badan yang nyamuk sukai.

 

2. Karbon dioksida

Semua manusia mengeluarkan karbon dioksida saat bernapas. Lalu, produksi karbon dioksida itu semakin meningkat ketika kita aktif melakukan kegiatan fisik, seperti berolahraga. Nah, dengan saat produksi karbon dioksida pada tubuh seseorang meningkat, nyamuk akan dengan otomatis dapat mendeteksinya dan menghampiri sumber karbon dioksida tersebut.

 

3. Warna tertentu

Nyamuk ternyata memiliki ketertarikan lebih pada warna tertentu, lo! Warna yang lebih nyamuk sukai adalah warna gelap. Spektrum warna gelap atau spesifiknya warna hitam adalah spektrum yang menarik bagi nyamuk sehingga nyamuk lebih suka mendekat pada warna hitam.

 

4. Golongan darah tertentu

Ternyata, nyamuk cenderung lebih menyukai seseorang yang bergolongan darah O untuk menjadi sasarannya. Selain itu, golongan darah B berada di tengah-tengah. Belum ada penelitian lebih jelas mengapa di antara semua golongan darah, nyamuk lebih menyukai golongan darah O.

 

5. Kehamilan

Selain empat alasan sebelumnya, ternyata terdapat satu alasan lagi mengapa seseorang bisa menjadi sasaran nyamuk. Alasan terakhir adalah karena kehamilan. Terdapat studi yang membuktikan bahwa nyamuk lebih tertarik dengan wanita hamil daripada yang tidak hamil. Alasannya adalah karena ibu hamil lebih banyak memproduksi karbon dioksida daripada wanita atau seseorang yang tidak hamil. 

 

Nah, itulah 5 alasan jadi sasaran nyamuk. Dari 5 alasan di atas, mana nih yang baru kamu sadari? Nah, setelah memahami penjelasan di atas, tidak perlu bingung atau heran lagi kenapa seseorang bisa menjadi sasaran nyamuk. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Mengenal Kampus UT

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Tips Meningkatkan Skill

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts