Hari libur adalah waktu untuk bersantai dan mengejar waktu istirahat yang penting untuk menjadi sehat. Saat hari kerja akan menjadi semakin sibuk seiring berjalannya waktu dan itulah mengapa kamu perlu istirahat penuh selama liburan tidak hanya untuk kesehatan fisik tetapi juga membantu kesehatan mental kamu. Misalnya, jika pikiran kamu tidak sepenuhnya beristirahat dalam seminggu atau lebih, kamu akan mudah stres atau merasa tertekan.
Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kamu perlu memanfaatkan hari libur untuk beristirahat total. Yuk, simak penjelasannya!
Ingat besok harus bekerja lagi
Kamu perlu sadar bahwa hari libur atau tanggal merah itu tidak berlangsung selamanya. Besoknya, kamu akan mulai kembali ke rutinitas yang panjang dan melelahkan. Dengan begitu, kamu terpaksa harus mengosongkan jadwal saat libur.
Kecapean hanya akan menyiksamu
Tetap sibuk di hari libur benar-benar akan membuatmu menderita. Ada kalanya tubuhmu juga perlu istirahat sebab semua ada batasnya. Semua yang dipaksakan tidak baik, lho! apalagi risikonya mengganggu kesehatan tubuh!
Hari libur adalah impianmu saat bekerja
Beban yang berat membuat kita kadang jenuh dan hampir menyerah, sehingga timbul harapan untuk segera libur atau malah mengambil jatah cuti. Berarti istirahat di hari libur adalah impian kita juga. Maka dari itu, manfaatkan kesempatan libur untuk rehat sejenak.
Liburan berdampak baik bagi kesehatan
Saat hari libur, waktunya tubuh beristirahat dan mengisi energi. Tubuhmu akan lebih tenang dan segar karena telah mengganti waktu istirahat yang sempat berkurang di hari kerja. Dampaknya kamu akan lebih baik dari segi fisik dan mental.
Tips mengatur waktu liburan untuk ‘si ekstra sibuk’
1. Kurangi kebiasaan menunda-nunda.
Sebaiknya kerjakan secepat mungkin agar waktu kosong bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lain.
2. Lawan distraksi
Hindari hal-hal yang dapat mengganggu produktifitas seperti membuka media sosial. Itu hanya akan memperlambat pekerjaanmu.
3. Tentukan prioritas
Kurangi melakukan hal yang tidak penting di hari produktif. List semua pekerjaan atau kegiatan yang akan kamu lakukan berdasarkan skala prioritas. Selesaikan pekerjaan dari urutan paling atas kemudian pulang dan istirahatlah.
4. Buat Deadline sendiri
Buat tenggat waktu atau deadline sendiri sebelum deadline dari kantor, ini bisa membantu pekerjaanmu cepat selesai.
5. Fokus pada satu pekerjaan dulu sebelum berganti pekerjaan lain
Sekali lagi kamu harus fokus pada pekerjaan untuk hasil yang baik dan pekerjaan dapat cepat selesai.