Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Film · 8 Mei 2022 12:00 WIB ·

3 Amanat Film KKN Desa Penari


Img: Solopos.com Perbesar

Img: Solopos.com

Film KKN Desa Penari akhirnya rilis dan tayang di bioskop tanah air. Dengan minat masyarakat yang begitu tinggi, KKN Desa Penari berhasil mendapatkan sejumlah angka tayangan yang tinggi. Minat masyarakat yang tinggi itu tampak dari penuhnya bioskop dengan antrean untuk mendapatkan tiket dan kesempatan menonton film yang seharusnya tayang pada awal masa pandemi ini. Mengisahkan sebuah kisah nyata tentang sekelompok mahasiswa dan kegiatan KKN-nya, KKN Desa Penari memiliki amanat-amanat penting di dalam kisahnya. Berikut adalah 3 amanat film KKN Desa Penari.

 

1. Kejujuran dalam kerja sama tim

Kegiatan KKN sangat membutuhkan adanya kerja sama tim yang baik. Salah satu faktor penentu dalam membangun kerja sama tim yang baik ialah kejujuran antar anggota kelompok. Jika ada hal-hal yang berhubungan dengan kelompok, sudah sepatutnya segera dibicarakan secara terbuka. Dalam film KKN Desa Penari ini, masing-masing dari tokoh utama sama-sama menyimpan rahasia seorang diri, padahal rahasia itu sangat berhubungan dan pada akhirnya berdampak pada kepentingan bersama. Contohnya adalah ketika tokoh Bima mendapatkan mimpi yang terasa begitu nyata, yaitu bertemu dengan Badarawuhi yang menyebut dirinya sebagai Dawuh. Contoh berikutnya adalah ketika Nur mengetahui semua rahasia besar yang Bima dan Ayu sembunyikan, tetapi Nur tidak membicarakannya dengan anggota tim KKN-nya. Pada akhirnya, ketidakjujuran itulah yang membawa bencana pada program KKN mereka.

 

2. Pentingnya menjaga lisan

Jika kalian mengingat tokoh Wahyu yang merupakan salah satu anggota dalam kelompok KKN tersebut, pasti hal pertama yang kalian ingat adalah tentang cara bicara tokoh tersebut yang terkesan ceplas-ceplos. Padahal, mereka tengah ada di wilayah milik orang lain dan sudah seharusnya menjaga lisan adalah yang nomor satu.

 

3. Pentingnya menjaga sikap

Dari ketiga amanat penting dari film KKN Desa Penari, amanat yang ketiga inilah yang paling tampak menonjol. Berdasarkan semua rangkaian kisah yang ada, semua permasalahan yang muncul bermula dari tindakan mereka yang melanggar pesan dari Pak Prabu selaku kepala atau pemimpin desa. Sejak awal Pak Prabu sudah melarang seluruh anggota kelompok KKN untuk melewati gapura yang menjadi batas desa itu dengan hutan yang merupakan titik paling ‘gawat’ dan yang makhluk lain kuasai. Akan tetapi, pada suatu hari tokoh Ayu melihat Bima keluar dari hutan yang berarti Bima melanggar pesan dari Pak Prabu. Tidak hanya itu, malapetaka yang terjadi pada Bima dan Ayu juga disebabkan oleh mereka yang melakukan tindakan tidak senonoh di tapak tilas yang keramat.

 

Nah, itulah 3 amanat penting dari film KKN Desa Penari. Dari ketiga amanat tersebut, adakah amanat lain yang belum ada?

Kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 192 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Film Korea Cocok Untuk Gen Z, Ada Train to Busan

2 November 2023 - 19:46 WIB

Rekomendasi Film Korea

Film yang Bikin Mahasiswa Tertawa dan Terinspirasi, Apa Saja?

25 Oktober 2023 - 19:08 WIB

Pecinta Film Mitologi Wajib Tahu! 3 Film tentang Dewa yang Spektakuler

10 Agustus 2023 - 15:00 WIB

Film Mitologi

Bikin Jantungan, 3 Film Pendakian Gunung yang Menegangkan!

9 Agustus 2023 - 15:00 WIB

Film Pendakian Gunung

Di Luar Nalar, 3 Film Misteri dengan Alur Tak Terduga

7 Agustus 2023 - 15:00 WIB

Film Misteri

Rahasia Tersembunyi pada Film Prekuel The Hunger Games 2023

3 Agustus 2023 - 18:00 WIB

The Hunger Games: The Ballad of Songbirds and Snakes 2023
Trending di Film