Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 3 Nov 2022 12:00 WIB ·

Ambeien: Pengertian, Ciri-Ciri, Mitos


Img: Pexels/Andrea-Piacquadio- Perbesar

Img: Pexels/Andrea-Piacquadio-

Ambeien: Pengertian, Ciri-ciri, Mitos –Kesehatan saluran pencernaan memang selalu menarik untuk diperbincangkan, apalagi mengingat berbagai macam gangguan yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Maag, GERD, radang usus besar, dan sembelit hanyalah beberapa contoh gangguan sistem pencernaan, belum lagi wasir atau ambeien.

Wasir adalah suatu kondisi di mana pembuluh darah di rektum bagian bawah (wasir internal) atau di bawah kulit di sekitar anus menjadi melebar. Gangguan ini lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun. Namun, sebagian besar pasien ini berusia antara 20 dan 50 tahun. Sembelit dan harus mengejan dalam waktu lama memiliki risiko tinggi menyebabkan wasir.

Ciri-ciri ambeien

Ciri-ciri ambeien berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Wasir internal menyebabkan sedikit atau tidak ada rasa sakit dan sering tidak orang ketahui atau tanpa gejala. Itulah sebabnya banyak orang tidak menyadari bahwa mereka menderita wasir. Namun, karena prolaps atau benjolan yang keluar dari anus, kamu mungkin melihat darah di tinja saat buang air besar; namun, benjolan dapat terdorong kembali ke dalam anus.

Penyebab ambeien

Penyakit terjadi karena peningkatan tekanan pada pembuluh darah di rektum bawah dan anus. Setiap aktivitas yang menyebabkan ketegangan dan peningkatan tekanan di daerah atau perut dapat mengakibatkan penyumbatan aliran darah ke dan dari anus, sehingga terjadi penumpukan pembuluh darah dan benjolan.

Menurut Siloams Hospital, beberapa aktivitas yang bisa memicu penyakit ambeien adalah:

  • Mengejan keras saat buang air besar
  • Terlalu lama duduk
  • Mengangkat beban yang terlalu berat
  • Kurang konsumsi serat

Cara mengatasi benjolan Ambien

Wasir yang masih dalam tahap awal bisa sembuh dengan sendirinya. kamu dapat mempercepat proses penyembuhan dengan menghilangkan benjolan ambeien dengan cara sebagai berikut:

  • Tingkatkan asupan makanan berserat tinggi.
  • Minum banyak air setiap hari.
  • Duduk di baskom/bathtub berisi air hangat selama kurang lebih 10 menit beberapa kali sehari.
  • Jaga kebersihan area anus dan olahraga secara teratur.

Ambeien hanya bisa sembuh dengan operasi adalah MITOS

Keyakinan bahwa wasir hanya dapat terobati dengan pembedahan adalah mitos. Deteksi dini wasir dapat diobati dengan perubahan pola makan dan gaya hidup. Beberapa obat atau salep dapat digunakan untuk meringankan gejala wasir.

Untuk menghilangkan benjolan akibat wasir, kamu harus menjalani prosedur medis, baik bedah maupun non-bedah. Ligasi pita karet, skleroterapi injeksi, terapi laser, terapi inframerah, dan elektroterapi adalah beberapa metode non-bedah yang dapat digunakan.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Tips Meningkatkan Skill Pengembangan Diri

29 Mei 2024 - 20:37 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Trending di Tips dan Trik