Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 24 Nov 2022 18:00 WIB ·

Cek Fakta: Apakah Benar Suntik Putih Ampuh Untuk Mencerahkan Kulit?


Img: Pexels/Pixabay Perbesar

Img: Pexels/Pixabay

Apakah benar suntik putih ampuh untuk mencerahkan kulit —Mendapatkan kulit putih adalah salah satu tren kecantikan paling populer. Hal ini terbukti dengan produk kecantikan terpopuler yang ampuh memutihkan kulit. Mulai dengan sabun, krim, dan pil, dan berlanjut ke suntikan atau infus whitening.

Suntikan putih sering dianggap sebagai cara instan untuk memutihkan kulit. Hasilnya biasanya lebih unggul daripada metode lain. Tak heran jika beberapa orang rela mengeluarkan uang lebih untuk suntik putih.

Apakah benar suntik putih ampuh untuk mencerahkan kulit?

Apa itu suntik putih?

Infus whitening atau suntik putih adalah perawatan pencerah kulit yang melibatkan penyuntikan larutan vitamin C bersama dengan bahan lain seperti glutathione atau kolagen. Larutan ini disuntikkan secara perlahan ke pembuluh darah di lipatan lengan atau punggung tangan.

Benarkah suntik putih bisa mencerahkan kulit?

Peserta etnis Asia yang menerima suntikan vitamin C selama 7-10 hari menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penampilan mereka, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Aesthetics and Anti-Aging Medicine.

Sebanyak 95,4% peserta melaporkan bahwa kulit mereka kencang dan lembab, bercahaya, segar, dan terasa seperti kulit bayi sebulan setelah injeksi vitamin C terakhir. Hanya 4,6% dari partisipan melaporkan tidak ada perubahan pada kulit mereka.

Perlu kamu ketahui bahwa suntikan vitamin C hanya mencerahkan warna kulit dan mengembalikan rona aslinya. Seperti yang tertera di atas sebelumnya, perawatan ini tidak serta merta memutihkan kulit.

Selanjutnya, proses injeksi putih sangat tergantung pada jumlah dosis yang diberikan dan waktu pemberian dosis. Dari sesi kedua hingga sesi keenam, mayoritas peserta melihat peningkatan yang signifikan pada penampilan kulit mereka.

Efek samping dari suntik putih

Bila kamu konsumsi dalam dosis normal, vitamin C umumnya masih aman. Vitamin C juga mudah larut dalam air dan jika kamu konsumsi berlebihan akan keluar melalui urin. Perawatan ini harus di bawah pengawasan dokter, sehingga prosedur mendapat jaminan aman.

Gejala yang umum terjadi setelah suntik putih (melansir hellosehat)

  • sakit perut,
  • nyeri dada,
  • pengikisan gigi,
  • pusing atau sakit kepala,
  • diare,
  • kelelahan,
  • ruam kulit yang membuat wajah memerah,
  • sesak napas,
  • mual atau muntah,
  • iritasi kulit, dan
  • gangguan perkemihan.

Efek samping sangat jarang terjadi ketika suntikan putih diberikan di bawah pengawasan dokter. Yang harus kamu hindari adalah produk suntik pemutih mandiri. Produk ini sangat berbahaya, dan penggunaannya tidak disarankan.

Melakukan tes kesehatan sebelum suntik putih

Sebelum mendapatkan suntikan putih, ada baiknya kamu melakukan tes darah untuk melihat bagaimana kondisi ginjal kamu. Alasannya adalah sejumlah besar vitamin C keluar melalui urin, yang dapat membebani ginjal.

Hindari perawatan ini jika kamu alergi terhadap vitamin C atau bahan lainnya. kamu bisa mencerahkan kulit menggunakan cara lain, seperti krim, lulur, dan sebagainya.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan