Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 4 Des 2022 21:23 WIB ·

Apa yang Menyebabkan Serum Kamu Tidak Berpengaruh? Simak Penjelasannya!


Img: Pexels/Anna-Shvets Perbesar

Img: Pexels/Anna-Shvets

Apa yang Menyebabkan Serum Kamu Tidak Berpengaruh? Simak Penjelasannya! –Serum wajah menjadi salah satu jenis skincare yang wajib ada dalam rangkaian rutinitas perawatan. Serum pada umumnya memiliki formulasi dengan bahan aktif berkonsentrasi tinggi sehingga memungkinkan memberikan hasil yang lebih cepat dari item skincare lainnya.

Jenis serum wajah mampu masuk ke dalam lapisan kulit terdalam untuk memberi nutrisi dan memperbaiki kerusakan pada kulit.

Apa yang Menyebabkan Serum Kamu Tidak Berpengaruh?

Namun, ternyata ada beberapa sebab serum tidak berpengaruh akibat kesalahan yang mungkin kita lakukan. Aktifitas yang salah akan membuat kulit kita tidak mendingan dan justru gitu-gitu aja.

Mari simak apa saja penyebab itu, agar perawatan kulit kita tidak sia-sia!

Kesalahan urutan pemakaian

Masih banyak orang yang belum paham urutan pemakaian skincare yang benar. Apa kamu salah satunya? Cukup ingat, jika urutan skincare digunakan dari yang konsentrasinya paling ringan ke yang paling berat.

Jadi setelah micelar water, facial wash, toner, essense, serum, moisturizer, sunscreen, sleeping mask (malam). Ingat! Serum digunakan setelah toner / essense dan sebelum moisturizer ya.

Tidak Menggunakan Toner dan Mosturizer

Toner masuk dalam rangkaian perawatan wajah setelah double cleansing. Toner berfungsi mengembalikan pH kulit setelah mencuci muka. Fungsi toner bermacam-macam menyesuaikan kebutuhan, mulai dari melembapkan, membersihkan make up, hingga eksfoliasi. Tujuan utama toner untuk mempersiapkan kulit untuk menerima rangkaian skincare yang lebih tinggi konsentrasinya.

Selanjutnya mosturizer. Serum bukanlah pelembap wajah. Meskipun serum yang kamu gunakan mengandung bahan aktif yang dapat melembutkan kulit seperti Hyaluronic Acid, tapi sebaiknya tetap gunakan moisturizer setelahnya. Karena mosturizer teksturnya lebih creamy dan bisa menjaga kesehatan skin barier.

Tidak sesuai takaran

Harga serum memang lebih menguras kantong daripada item skincare yang lain. Namun bukan berarti kamu bisa menggunakannya terlalu sedikit. Hal itu bisa memperlambat proses perbaikan atau malah tidak ada pengaruhnya loh!

Gunakan serum 5 tetes dari pipet khusus serum. Cara penggunaannya diusap dengan sedikit ditepuk-tepuk agar serum mudah meresap. Pakai hingga leher juga ya!

Penggunaan tidak rutin

Tentu kalian sudah tahu ya kalau skincare harus digunakan secara rutin. Cek lagi kandungan serumnya untuk dosis yang tepat sesuai keterangan. Serum jenis retinol dan serum AHA BHA bisa digunakan hanya 2-3 saja seminggu. Sedangkan bahan yang lain bisa digunakan setiap hari 1-2 kali sehari, pagi dan malam. Perhatikan juga jenis serum yang tidak boleh digunakan di hari yang sama. Seperti niacinamide dengan retinol. Kunci pengaruh skincare adalah konsisten. Jika sudah seperti itu kulitmu akan cepat sehat dan glowing.

Pola Makan Tidak Sehat

Tak hanya berefek pada tubuh, pola makan tidak sehat juga berefek padq wajah. Sulit bukan mengatur pola makan sehat?

Pola makan tidak sehat memberi racun yang berakibat kusam pada wajah. Oleh karena itu, jika wajah ingin cerah dan bersinar maka batasi penggunaan garam, minyak, dan gula. Penelitian menunjukkan bahwa makanan manis bisa menyebabkan minyak pada wajah dan jerawat. Perbanyak makan buah dan sayuran mengandung zat antioksidan.

Pola tidur tidak teratur

Semua orang harus memenuhi kebutuhan tidur yang cukup untuk kesehatan tubuh, kulit, dan mental. Ketika tidur, sel-sel kulit akan melakukan regenerasi dan sel-sel baru akan aktif. Kurang tidur menghambat proses regenerasi tersebut. Akibatnya kulit terlihat kusam dan tak ber-aura karena proses jaringan baru jadi lambat.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack