Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 19 Mei 2022 12:00 WIB ·

Asah Hardskill untuk Mahasiswa? Gini Lho Caranya!


Img: profesi-unm.com Perbesar

Img: profesi-unm.com

Sebagai mahasiswa selain fokus dengan perkuliahan, kita juga perlu mengasah skill untuk karier kita ke depannya. Seperti yang kita ketahui bersama, skill atau kemampuan dibagi menjadi dua, yaitu hardskill dan softskill. Untuk softskill sendiri kita bisa memperdalami dan mengasahnya dengan bergabung bersama organisasi atau komunitas yang ada di dalam maupun luar kampus. Akan tetapi, untuk mengasah hardskill sendiri banyak mahasiswa yang masih belum tahu bagaimana caranya. Nah, berikut adalah cara asah hardskill untuk mahasiswa. Jangan sampai terlewat ya.

 

Ketahui hardskill apa yang kamu minati

Sebelum memulai untuk mengasah hardskill penting untuk kamu mengetahui hardskill apa yang ingin kamu dalami. Terdapat begitu banyak hardskill dan pemilihan tersebut bergantung pada karier apa yang ingin kamu raih di masa depan. Contoh-contoh hardskill adalah sebagai berikut.

  1. Visualisasi Data
  2. Bahasa Asing
  3. Web & App Development
  4. Copy writing
  5. Content writing
  6. Digital Marketing
  7. Facebook Ads
  8. Google Ads
  9. Project Management
  10. Video Editing
  11. UI/UX Design
  12. UX Writing, dan lain sebagainya.

 

Ikuti kursus, pelatihan, atau sertifikasi

Setelah mengetahui hardskill mana yang ingin kamu asah untuk karier di masa depan, langkah berikutnya yang dapat kamu ikuti adalah mengikuti kursus, pelatihan, ataupun sertifikasi. Sebagai contoh jika kamu ingin memperdalam hardskill copy writing, kamu bisa mengikuti course tentang copy writing. Pada zaman yang sudah serba digital ini, kursus atau pelatihan tersebut dapat kamu ikuti secara online juga, lho. Terdapat begitu banyak platform yang menyediakan kursus online atau yang lebih populer dengan istilah online course. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan budget yang kamu miliki. 

Eits, buat kamu yang lagi berhemat, tetapi ingin mengikuti online course, tetap bisa kok! Selain online course yang berbayar, juga banyak platform yang menyediakan online course gratis, lho!

 

Tingkatkan hardskill dengan terus berlatih

Setelah mengikuti dan mendapatkan ilmu di pelatihan, kursus, ataupun sertifikasi, kamu dapat meningkatkan hardskill kamu dengan terus berlatih. Sebagai contoh jika kamu mendalami hardskill copy writing, kamu bisa mulai mengikuti kegiatan magang atau volunteer sebagai copy writer. Selain itu, kamu juga bisa membantu teman yang memiliki small business dengan bantuan berupa mempromosikan produk mereka menggunakan teknik copy writing. Nah, hal-hal kecil seperti itu akan membantu kamu untuk melatih hard skill yang telah kamu pelajari.

 

Itulah cara mengasah hardskill untuk mahasiswa. Setelah memahaminya, jangan lupa untuk mempraktikkannya ya! Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 85 kali

Baca Lainnya

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game

Tanda Orang Yang Punya Mental Juara, Kamu Salah Satunya?

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Trending di Edukasi