Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 15 Mei 2022 12:00 WIB ·

Sst! Ini Lho 3 Manfaat LinkedIn untuk Mahasiswa


Img: money.kompas.com Perbesar

Img: money.kompas.com

LinkedIn merupakan sebuah jaringan profesional terbesar di dunia internet. Melalui LinkedIn kamu bisa menemukan pekerjaan, magang, dan membangun jaringan profesional. Jadi, pada intinya LinkedIn sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin mulai membangun rencana karier kamu di masa depan atau untuk sekadar mencari lowongan pekerjaan. Dari manfaat-manfaat tersebut, LinkedIn mungkin tampak seperti jaringan profesional yang hanya bisa diakses untuk para tenaga profesional yang siap terjun ke dunia kerja. Namun, ternyata persepsi itu salah, lho. LinkedIn juga memiliki akses untuk siswa, mahasiswa, para pencari kerja, dan para pekerja. Nah, berikut adalah manfaat LinkedIn untuk mahasiswa yang perlu banget dipahami oleh para mahasiswa.

 

1. Memperluas networking secara profesional

Memiliki networking yang luas memang sangat bermanfaat. Akan tetapi, masih banyak mahasiswa yang belum tahu bagaimana cara membangun networking khususnya untuk networking dari luar organisasi atau kampus sendiri. Nah, dengan menggunakan LinkedIn kamu bisa memperluas networking kamu dengan berbagai orang-orang hebat di dunia, lho. Kamu bisa membangun networking dengan orang-orang yang sudah terjun langsung pada dunia kerja profesional. 

Dengan networking profesional yang luas kamu pun bisa mendapatkan berbagai manfaat. Salah satunya adalah ketika para relasi kamu membagikan pengalaman kerja, ilmu-ilmu baru seputar hardskill dan softskill, dan masih banyak hal bermanfaat lainnya.

 

2. Mendapatkan informasi seputar lowongan magang, part time, ataupun full time

Karena LinkedIn adalah jaringan profesional, tidak aneh apabila informasi yang terdapat di dalamnya meliputi informasi-informasi profesional layaknya lowongan magang dan kerja. Nah, dengan menggunakan LinkedIn mahasiswa dapat menerima informasi seputar lowongan magang, part time, hingga full time di sini. Lowongan yang tersedia pun selalu lengkap dengan persyaratan, deskripsi tugas, dan benefits yang akan kamu dapatkan. 

 

3. Menunjukkan personal branding

Seperti yang kita ketahui bersama personal branding adalah sebuah strategi untuk membangun citra diri sehingga orang lain dapat menilainya. Penilaian personal branding itu dilakukan dari adanya prestasi dan pencapaian yang seseorang miliki. Jadi, keberadaan prestasi dan pencapaian itu membantu kita atau diri seseorang untuk menunjukkan citra dirinya. Dengan fitur yang LinkedIn miliki kita bisa membagikan riwayat pendidikan, pengalaman, prestasi, dan lain sebagainya yang mana hal ini membantu kita dalam menunjukkan personal branding yang kita miliki.

 

Nah, itulah 3 manfaat LinkedIn untuk mahasiswa. Dengan manfaat-manfaat yang ada, sudah pasti rasanya kita akan merugi jika tidak menggunakan LinkedIn untuk membangun karier kita. Tidak perlu takut untuk memulai sesuatu karena bagian tersulit dari permulaan memang ada pada bagaimana cara kita mengatasi ketakutan untuk memulai itu. Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 32 kali

Baca Lainnya

Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Hambatan Mobilitas Sosial

23 April 2024 - 21:24 WIB

Kena Blacklist di UTBK SNBT 2024, Berikut 7 Penyebabnya!

22 April 2024 - 20:17 WIB

Tips dapat nilai bagus

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing
Trending di Edukasi