Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 14 Jun 2022 13:00 WIB ·

Ternyata Inilah 5 Bahasa Tertua di Dunia!


Img: bantennews.co.id Perbesar

Img: bantennews.co.id

Salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia adalah bahasa. Dengan bahasa kita bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Namun, pernahkah kalian berpikir kira-kira bahasa apa yang pertama kali ada di dunia ini? Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahasa tertua yang ada di dunia ini ada sejak tahun 3200 SM. Bahasa tertua tersebut ditemukan pertama kali melalui sebuah catatan yang ada dan tersimpan selama ribuan milenium. Bukti dari bahasa tertua tersebut ada pada sejumlah lukisan gua tertua serta berbagai artefak kuno yang telah para peneliti temukan. Nah, berikut adalah 5 bahasa tertua di dunia.

 

1. Mesir Koptik

Bahasa Mesir Koptik merupakan bahasa peninggalan Mesir Kuno. Bahasa ini juga disebut sebagai bahasa Kubti, bahasa Qibti, atau bahasa Mesir Kubti. Masuk ke dalam rumpun bahasa Afro-Asia, bahasa Mesir Koptik ditemukan pertama kali dari sebuah makam yang berusia 3.200 SM. Masyarakat penutur bahasa Mesir Koptik ini merupakan masyarakat Mesir yang menggunakan bahasa Mesir Koptik sebagai bahasa sehari-hari sampai abad ke-17 M.

 

2. Yunani

Bahasa tertua berikutnya adalah bahasa Yunani yang merupakan bahasa yang telah bertahan selama lebih dari ribuan tahun dan telah dituliskan selama kurang lebih 3500 tahun. Bahasa ini masih bertahan hingga saat ini dengan jumlah kosakata kurang lebih 600 kata. Masyarakat penutur bahasa Yunani adalah bangsa Yunani di Yunani dan Siprus. Sebagai salah satu bahasa tertua di dunia bahasa Yunani telah menjadi akar dari berbagai kata dalam bahasa modern.

 

3. Sanskerta

Berikutnya adalah bahasa Sansekerta. Bahasa Sansekerta merupakan bahasa tertua ketiga di dunia, tepatnya untuk bahasa Sansekerta Veda yang merupakan bentuk paling tua dari bahasa Sansekerta. Berdasarkan sejumlah penelitian, bahasa Sansekerta ini kira-kira muncul dan mulai ada sejak 3500 tahun yang lalu di India Kuno. Kemudian bahasa Sansekerta berkembang di wilayah Asia Selatan pada zaman Perunggu. Bahasa ini juga merupakan bahasa suci untuk umat beragama Hindu, Buddha, dan Jain. 

 

4. China

Bahasa tertua selanjutnya adalah bahasa China yang sudah masyarakat tuturkan sejak 300 tahun yang lalu. Bahasa ini pertama kali menjadi bahasa tuturan oleh masyarakat dinasti Shang.

 

5. Aram

Berdasarkan penelitian, bahasa Aram versi tulisan sudah masyarakat gunakan sejak 1100 SM. Masyarakat yang menggunakan bahasa ini adalah masyarakat dari Timur tengah. 

Nah itulah 5 bahasa tertua yang ada di dunia. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 188 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Kampus PTN

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts