Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 18 Sep 2022 12:22 WIB ·

Bahaya yang Mengancam Jika Suka Main Ponsel Sebelum Tidur!


Img: pexels/kampus-production- Perbesar

Img: pexels/kampus-production-

Banyak orang biasanya akan menghabiskan waktu sebelum tidur untuk menonton film di TV atau laptop, mengikuti perkembangan terbaru di media sosial melalui ponsel, bertukar pesan melalui aplikasi chat, dan menghabiskan waktu berkualitas dengan teman terdekat mereka.

Bukankah aktivitas sebelum tidur ini sering melibatkan ponsel? Padahal, menatap layar ponsel sebelum tidur diketahui dapat mengganggu kualitas dan kesehatan tidur. Berikut beberapa bahaya bermain ponsel sebelum tidur menurut Alodokter:

Kualitas tidur terganggu

Cahaya biru yang dipancarkan layar ponsel diketahui dapat menghambat produksi hormon melatonin. Berkurangnya produksi dan pelepasan hormon ini dapat membuat kamu lebih waspada dan terjaga, sehingga membuat sulit tidur. Akibatnya, kamu kurang energik keesokan harinya dan sulit berkonsentrasi. Selanjutnya, cahaya dari layar perangkat akan mengganggu fase tidur rapid eye movement (REM). Faktanya, tahap tidur ini sangat penting untuk mendapatkan kembali fungsi kognitif dan stabilitas emosional.

Merusak ritme sirkadian

Penggunaan ponsel sebelum tidur dapat mengganggu ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah mekanisme alami tubuh untuk mengatur siklus tidur dan bangun, serta metabolisme sepanjang hari. Misalnya, kamu adalah orang pagi yang sangat produktif. Namun karena main HP sebelum tidur biasanya tidur jam 22.00 karena terbiasa bangun jam 05.00, jadi tidur jam 00.00 dan masih harus bangun jam 05.00. Jika hal ini terus berlanjut, kamu akan sulit tidur dan berkonsentrasi di pagi hari. Tidak hanya itu, kurangnya waktu dan kualitas tidur akan membuat kamu lelah dan tidak produktif.

Menurunkan kesehatan mata

Banyak orang yang sadar saat membuka ponsel atau media sosialnya tidak terasa sudah berjam-jam. Kamu harus menyadari bahwa kebiasaan ini dapat menyebabkan sindrom penglihatan komputer. Kelelahan mata, penglihatan kabur, mata merah, mata kering, dan sakit kepala adalah beberapa gejalanya.

Selain itu, menghabiskan banyak waktu di ponsel sebelum tidur dapat menyebabkan degenerasi makula. Jika tidak diobati, kondisi ini meningkatkan peluang kamu untuk menjadi buta.

Memicu doom scrolling

Menelusuri media sosial sebelum tidur, terutama jika kamu sering melakukannya, dapat mencegah kamu membaca berita buruk dan membuat kamu terus mencari informasi lebih lanjut.

Ini dikenal sebagai doom scrolling. Akibatnya, kamu mungkin mengalami kecemasan, stres, ketakutan, depresi, dan bahkan paranoia tentang lingkungan kamu.

Menggunakan ponsel sebelum tidur memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan kamu. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan ponsel setidaknya 1-2 jam sebelum tidur. Sebaliknya, kamu dapat melakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat bagi kesehatan dan meningkatkan kualitas tidur kamu. Membaca buku, menulis jurnal, mandi air hangat, atau bermeditasi adalah contoh kegiatan tersebut.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan