Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 7 Jul 2022 13:00 WIB ·

Bandara Pertama di Indonesia, Masihkah Digunakan?


Img: airport.id Perbesar

Img: airport.id

Menjelang libur pertengahan tahun, pasti pemikiran mengenai liburan sudah mulai menyapa. Selain dengan moda transportasi darat seperti kereta api, masyarakat Indonesia juga sering bepergian menggunakan moda transportasi udara, yaitu pesawat terbang. Jika kereta api memiliki stasiun untuk tempat pemberhentian dan keberangkatannya, pesawat terbang memiliki bandara untuk kepentingan yang sama. Nah, selama menggunakan dan memanfaatkan sarana bandara ini, tahukah kamu manakah bandara pertama di Indonesia dan apakah bandara tersebut masih beroperasi? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini!

 

Bandara Tertua dan Pertama di Indonesia

Pada 6 Juli 1940, bandara internasional milik Indonesia resmi beroperasi. Bandara itu adalah Bandara Kemayoran yang memiliki makna istimewa bagi dunia penerbangan Indonesia. Namun, pada 1 Juni 1984, bandara ini resmi berhenti beroperasi. 

Penyebab dari pemberhentian segala aktivitas di bandara ini adalah kurang strategisnya letak bandara ini. Bandara Kemayoran terletak di kawasan padat penduduk yang membuat Pemerintah Orde Baru memutuskan untuk membangun bandara yang lebih besar sekaligus yang berletak di kawasan yang strategis. Bandara yang Pemerintah Orde Baru bangun ialah bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng yang kemudian menjadi bandara utama di Jakarta. Itulah awal mula dari pemberhentian segala aktivitas penerbangan di Bandara Kemayoran. Tepatnya, satu tahun sebelum Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi, Bandara Kemayoran resmi mengalami penutupan total, yaitu pada tanggal 1 Juni 1984.

 

Menjadi Saksi Bisu Sejarah Indonesia

Pembangunan Bandara Kemayoran berada di bawah pemerintahan pemerintah Kolonial Belanda. Pembangunan itu terjadi pada tahun 1934. Koninklijke Nederlands Indische Luchtvaart Maatschappy (KNILM) mengambil pengelolaan untuk bandara yang peresmiannya berlangsung pada tanggal 8 Juli 1940. 

Bandara Kemayoran aktif digunakan dalam berbagai kegiatan. Karena itulah bandara ini disebut sebagai saksi bisu sejarah kemerdekaan Indonesia.

Mulai dari pelaksanaan Airshow pertama, perang Asia Pasifik, masa kekuasaan Jepang, masa kekalahan Jepang oleh sekutu, hingga era perjuangan kemerdekaan, semuanya terjadi di Bandara Kemayoran ini. Bandara Kemayoran juga sempat menjadi bandara tersibuk karena padatnya aktivitas penerbangan di bandara ini. Namun, pada akhirnya, Bandara Kemayoran harus berhenti beroperasi dan sisa bangunannya masih ada hingga sekarang.

Itulah bandara pertama di Indonesia, Bandara Kemayoran. Walau tidak lagi beroperasi sampai sekarang, tetapi keberadaan Bandara Kemayoran sangat membantu banyak pihak di masa lalu sekaligus menjadi saksi bisu sejarah kemerdekaan Indonesia. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 239 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Kampus PTN

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Lulusan Manajemen jadi pebisnis

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts