Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 13 Des 2022 18:00 WIB ·

Beragam Khasiat Susu Unta Bagi Kesehatan, Bisa Kurangi Diare 


Img: Pexels/Emma-Bosley-Ritchie Perbesar

Img: Pexels/Emma-Bosley-Ritchie

Beragam Khasiat Susu Unta Bagi Kesehatan, Bisa Kurangi Diare  –Susu unta rasanya mirip dengan susu sapi, dengan rasa yang manis dan tidak terlalu asin serta tekstur yang creamy. Susu unta memang tidak sepopuler susu sapi atau kambing di Indonesia. Hal ini disebabkan distribusi susu unta di Indonesia masih sangat terbatas. Susu unta mengandung jumlah kalori, protein, dan karbohidrat yang kira-kira sama dengan susu sapi segar. Susu unta, di sisi lain, memiliki kandungan gula dan lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan jenis susu lainnya.

Selain itu, susu unta mengandung lemak sehat serta vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalsium, potasium, magnesium, tembaga, besi, dan fosfor.

Beragam Khasiat Susu Unta Bagi Kesehatan, Bisa Kurangi Diare

Tak heran jika susu unta memiliki beragam manfaat kesehatan karena banyaknya nutrisi yang dikandungnya. Berikut adalah beberapa manfaat susu unta yang baik bagi kesehatan:

Mengurangi diare

Cobalah susu unta jika kamu sering mengalami diare. Susu ini telah lama berguna untuk mengobati diare. Menurut sebuah penelitian, susu unta mengandung antibodi yang dapat melawan virus penyebab diare.

Meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh

Susu unta mengandung senyawa laktoferin dan imunoglobulin, yang merupakan protein penambah kekebalan tubuh. Laktoferin berperan sebagai antibakteri, antijamur, antivirus, antiradang, dan antioksidan dalam tubuh, melindunginya dari berbagai penyakit.

Selain itu, protein whey susu unta juga memiliki sifat antioksidan, yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bakteri atau virus penyebab penyakit.

Bisa jadi opsi bagi yang alergi susu sapi

Susu unta mengandung jenis protein yang berbeda dengan susu sapi, sehingga bisa menjadi pilihan bagi orang yang alergi susu sapi. Selain itu, susu unta mengandung lebih sedikit laktosa daripada susu sapi, sehingga cocok untuk penderita intoleransi laktosa.

Sebuah penelitian yang melibatkan 25 orang yang tidak toleran laktosa menunjukkan hal ini. Menurut temuan penelitian ini, hanya dua orang yang mengalami reaksi ringan setelah minum susu unta, namun peserta lainnya tidak ada keluhan.

Meningkatkan fungsi otak

Susu unta dapat meningkatkan fungsi otak pada anak dengan gangguan perilaku. Sejumlah penelitian tentang anak autis mendukung hal ini. Meski begitu, susu unta tidak bisa digunakan sebagai pengganti terapi autisme. Susu unta juga bisa bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer. Namun, penelitian lebih lanjut perlu untuk membuktikan manfaat ini.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 44 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan