Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 19 Jan 2023 12:00 WIB ·

Beragam Khasiat Vitamin D yang Jarang Diketahui


Img: Pexels/cottonbro-studio Perbesar

Img: Pexels/cottonbro-studio

Beragam Khasiat Vitamin D yang Jarang Diketahui —Mengkonsumsi vitamin D sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Selain bermanfaat untuk tulang dan gigi, vitamin D juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mari kita belajar tentang vitamin D dan berbagai manfaat kesehatannya!

Apa Itu Vitamin D?

Vitamin D adalah asam lemak esensial. Ini berarti vitamin D dapat tersimpan dalam tubuh untuk waktu yang lama. Vitamin D terklasifikasi menjadi dua jenis: vitamin D2 dan vitamin D3. Vitamin D2 (ergocalciferol) berasal dari tumbuh-tumbuhan dan terdapat pada berbagai jenis jamur. Sedangkan cholecalciferol (vitamin D3) terdapat pada ikan, minyak ikan, kuning telur, dan sinar matahari. Saat kulit terpapar sinar matahari langsung, vitamin D terproduksi secara alami.

Beragam Khasiat Vitamin D yang Jarang Diketahui

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi vitamin D yang cukup:

Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Alasannya adalah vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Vitamin D membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak, serta pencegahan kerapuhan atau osteoporosis pada lansia. Ibu menyusui membutuhkan vitamin D untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin D bayinya untuk perkembangan tulang yang sehat.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin D dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan membantu sel darah putih melawan patogen. Sifat anti-inflamasi dan antioksidannya dapat membantu sistem kekebalan tubuh, saraf, dan otot bekerja lebih baik.

Menjaga fungsi paru dan jantung

Beberapa penelitian menemukan bahwa kekurangan vitamin D dalam tubuh meningkatkan risiko penyakit jantung dan paru-paru.

Mencegah kanker

Mengonsumsi vitamin D yang cukup dapat menurunkan risiko kanker. Sifat karsinogeniknya dapat memperlambat perkembangan sel kanker dan merangsang kematian sel kanker untuk mencegah tumor.

Mengatasi depresi

Menurut penelitian, vitamin D dapat membantu mengatasi depresi. Manfaat kesehatan mentalnya telah terbuka secara luas. Disebutkan bahwa orang yang menderita depresi yang mengonsumsi suplemen vitamin D merasa lebih baik. Sementara itu, sebuah studi Universitas Cambridge menemukan bahwa orang yang kekurangan vitamin D memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang lebih tinggi.

Kamu bisa mendapatkan vitamin D dengan mengonsumsi sumber makanan di bawah ini (Siloams Hospital):

1. Ikan salmon, tuna, sarden

2. Minyak ikan

3. Kuning telur ayam

4. Daging merah

5. Keju dan susu

6. Jamur

7. Buah jeruk

Oleh karena itu, yuk kita banyak mengonsumsi makanan yang bergizi agar kebutuhan vitamin kamu tetap terpenuhi!

 

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Sleep Call Tidak Baik Bagi Kesehatan? Ini Penjelasannya!

21 September 2023 - 10:42 WIB

Sleep Call

Manfaat Buah Mengkudu Yang Perlu Di Ketahui.

18 September 2023 - 10:53 WIB

Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Yang Perlu Di Ketahui.

10 September 2023 - 22:35 WIB

Manfaat Kacang Hijau

Manfaat Jus Apel Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes!

1 September 2023 - 13:47 WIB

Manfaat jus apel

Manfaat Konsumsi Ikan Lele Bagi Kesehatan

30 Agustus 2023 - 10:02 WIB

Manfaat Konsumsi Ikan Lele

Teh Serai Bermanfaat Bagi Kesehatan, Apa Saja?

11 Agustus 2023 - 13:48 WIB

Minum Teh Serai
Trending di Kesehatan