Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 23 Mei 2022 23:54 WIB ·

Suka Berimajinasi Sebelum Tidur Adalah Ciri Orang Kreatif, Kata Riset


Img: Pexels/Olga Perbesar

Img: Pexels/Olga

Pernahkah kamu berkhayal atau berimajinasi sebelum tidur ketika di malam hari? Yap, setiap manusia pasti pernah melakukannya, namun tidak semua melakukannya setiap hari.
Menurut penelitian, orang yang memiliki kebiasaan mengkhayal sebelum tidur biasanya memiliki kemampuan berpikir kreatif yang tinggi. Penyebabnya saat pagi dan siang, otak lebih banyak memikirkan hal-hal penting, sehingga kreatifitas lebih mungkin muncul saat sedang luang termasuk sebelum tidur.
Pada waktu sebelum tidur atau malam hari, kekuatan otak biasanya cukup tinggi dan dapat difokuskan pada pemikiran kreatif. Bahkan dengan melamun sebelum tidur, biasanya kita bisa menemukan ide-ide yang tidak kita temukan di siang hari karena rutinitas yang melelahkan.

Berimajinasi sebelum tidur merupakan salah satu kebiasaan orang sukses

Menurut Prevention, berimajinasi sebelum tidur juga merupakan salah satu kebiasaan orang sukses. Roni Frank, pendiri dan direktur perusahaan konsultan Talkspace, sering berkhayal sebelum tidur.

Ia membiarkan pikirannya mengembara hingga mendapatkan ide baru tentang apa yang akan dia lakukan. Akibatnya, dia akan lebih siap untuk hari esok. Frank mengaku lebih bersemangat di pagi hari karena menghabiskan malam dengan berimajinasi.

Namun, berimajinasi berlebihan malah berbahaya

Sebenarnya, aktivitas ini adalah normal. Namun ketika seseorang menjadi sulit membedakan antara khalayan dengan kenyataan, atau percaya khayalannya nyata inilah yang dapat mengganggu pikiran dan psikologis.

Selama kamu masih bisa mengambil batas antara khayalan dan kenyataan serta aktivitas kamu tidak terganggu, kamu tidak perlu khawatir. Mengutip dari Alodokter.com, dr. Satya Sueningrat menyarankan kita untuk menghindari berkhayal berlebihan, antara lain:

  • Memperbanyak sosialisasi dengan orang di dunia nyata, seperti keluarga, tetangga, teman-teman, dan rekan kerja.
  • Kerjakan tanggung jawab dan fokus pada kesibukan agar kamu tidak terus mengkhayal. Bisa juga mengalihkannya dengan melakukan hobi seperti bernyanyi, menari, bersepeda, dan sebagainya.
  • Bagi masalah kamu dengan orang lain (curhat) seperti orang tua atau teman dekat, untuk mengurangi sesak dan beban yang mengganggu pikiran.
  • Istirahat yang cukup dan pola tidur teratur.
  • Kurangi menyendiri di tempat sepi, karena akan memberikan kesempatan untuk melamun.

Selain itu, membayangkan sesuatu sebelum tidur dapat membantu kita mengambil keputusan yang tepat. Menurut Gerri D. Smith, seorang penulis dan pembicara motivasi dari Amerika Serikat, ketika kita membiarkan diri kita berimajinasi, kita menjadi lebih bersyukur atas kemampuan dan kekuatan naluri kita.

Jadi, apakah kamu termasuk yang suka menghayal sebelum tidur?

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 67 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack