Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 8 Jan 2023 18:48 WIB ·

Bibliosmia: Alasan Kita Suka Aroma Khas Buku


Bibliosmia: Alasan Kita Suka Aroma Khas Buku Perbesar

Bibliosmia: Alasan Kita Suka Aroma Khas Buku —Pernahkah kamu memperhatikan bahwa ketika kamu membuka buku, buku akan mengeluarkan bau yang berbeda? Banyak pecinta buku setuju bahwa bau lembaran kertas itu khas dan enak untuk dihirup.

Tahukah kamu, bau khas buku ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah, lho. Bahkan ada istilahnya: bibliosmia. Jadi, apa sebenarnya bibliosmia itu? Mengapa sebagian orang menyukai bau buku? Oke, simak penjelasannya di sini!

Bibliosmia: Alasan Kita Suka Aroma Khas Buku

Apa sebenarnya bibliosmia?

Bibliosmia adalah istilah yang populer oleh pecinta buku. Istilah ini mengacu pada aroma atau bau khas yang berasal dari buku. Namun, menurut Urban Dictionary, pengertian bibliosmia lebih dari itu.

Bibliosmia merupakan sensasi luar biasa yang terjadi bagi para pecinta buku dan pembaca ketika membuka halaman demi halaman buku yang sedang mereka baca. Ada aroma khas yang mereka hirup melalui hidung dan dapat membuat ketagihan secara positif bagi sebagian orang.

Daya tarik bibliosmia

Tahukah kamu bahwa ketika seseorang membaca, kombinasi terbaik yang dari sebuah buku adalah aroma dan ingatan? Ini, tentu saja, karena bibliosmia.

Menurut Interesting Literature, bau kertas dan tinta pada buku selalu menjadi daya tarik bibliosmia bagi pecinta buku. Aroma khas yang terpancar dari buku dan memunculkan ingatan tertentu yang membedakannya sebagai unik dan mudah diingat.

Jika aroma tersebut berpadu dengan “aroma lama”, misalnya, dapat menandakan bahwa buku tersebut berasal dari perpustakaan. Ada juga buku beraroma kopi. Ini bisa menggambarkan keadaan pemiliknya yang sering membaca sambil menyeruput secangkir kopi panas.

Penyebab munculnya bibliosmia pada buku

Menurut The Hindu, bibliosmia bisa terjadi karena buku mengandung ratusan senyawa organik yang menguap. Ini termasuk asam asetat, furfural, butanol, oktanal, dan metoksifeniloksim.

Bibliosmia dalam buku dapat mengeluarkan berbagai macam aroma. Kadang-kadang berbau seperti almond karena senyawa benzaldehida atau vanila karena vanila. Senyawa toluena dan etil benzena dapat memberikan aroma manis pada buku, sedangkan 2-etil heksanol memberikan aroma bunga yang lembut.

Bibliosmia membuat orang masih menyukai buku fisik daripada ebook

Membaca kini dapat dengan mudah diakses melalui e-book di zaman kecanggihan teknologi ini. Meskipun demikian, beberapa orang lebih memilih buku karena berbagai alasan. Salah satunya karena aroma yang dikeluarkan oleh bibliosmia itu sendiri. Ini karena e-book tidak memberikan pengalaman yang sama bagi pembaca untuk menghirup aroma khas buku.

Jadi, apakah kamu suka aroma buku yang kamu baca?

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 80 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack