Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 12 Agu 2022 09:00 WIB ·

Sedih di Hari Ulang Tahun? Bisa Jadi Kamu Terkena Birthday Blues


pixabay.com/quangpham2512 Perbesar

pixabay.com/quangpham2512

Hari ulang tahun pada umumnya menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh orang-orang karena pada hari tersebut, mereka akan merayakan hari lahirnya. Namun, bagi sebagian orang, ulang tahun justru merupakan momen yang tidak perlu dirayakan karena berpotensi menimbulkan kecemasan, kesedihan, bahkan depresi. Jika itu yang kamu rasakan, maka mungkin kamu mengalami Birthday Depression atau Birthday Blues, lho!

Apa itu Birthday Blues?

Birthday blues merupakan kondisi di mana seseorang merasa tidak senang saat berulang tahun. Biasanya mereka malah akan merasa sedih, cemas, dan kesepian.

Bagaimana Birthday Blues bisa Terjadi?

Birthday  blues dapat terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah karena ekspektasi.

Seseorang seringkali merasa sedih dan kecewa karena ekspetasi mereka tidak seseuai dengan kondisi yang terjadi, salah satunya mengenai bagaimana seharusnya ulang tahun mereka dirayakan.

Terdapat beberapa kebiasaan yang kerap dilakukan oleh lingkungan sosial terkait ulang tahun, seperti menikmati perayaan ulang tahun yang meriah dengan mengundang teman-teman, mendapatkan kejutan dan hadiah ulang tahun, ataupun menerima banyak ucapan di media sosial. Hal itu secara tidak langsung dapat membuat seseorang berharap dan menuntut untuk melakukan hal yang sama ketika mereka ulang tahun.

Kemudian, ketika hal yang terjadi tidak sesuai dengan kebiasaan di sekitar, hal ini bisa memunculkan perasaan sedih, kecewa, kesepian, dan kurang berharga.

Selain itu, ekspektasi dan tuntutan mengenai apa yang seharusnya sudah mereka  capai pada usia tertentu juga memicu stres dan depresi saat ulang tahun. Misalnya, tuntutan memiliki pekerjaan ataupun pasangan. Perasaan cemas dan insecure yang muncul karena merasa belum mencapai apa yang mereka harapkan pada usia tersebut, akhirnya membuat seseorang tidak ingin merayakan ulang tahun.

Tips Menghindari Birthday Blues

Mengontrol ekspektasi

Sesuai dengan penyebab-penyeban terjadinya birthday blues di atas, cara yang pertama adalah mencoba untuk bersikap realistis terhadap harapanmu dalam merayakan ulang tahun dan pencapaian hidupmu. Kamu tidak perlu membandingkan prosesmu dengan proses orang lain karena setiap orang memiliki waktunya masing-masing.

Menyampaikan apa yang kamu rasakan

Kita memang tidak dapat memaksakan orang lain untuk merayakan ulang tahun sesuai keinginan kita. Namun, jika itu memang mengganggumu, kamu berhak untuk mengatakannya pada teman-teman, keluarga, atau orang sekitarmu mengenai apa yang kamu harapkan. Meski demikian, kamu juga tidak boleh memaksa mereka untuk menuruti kemauanmu, ya!

Konseling

Jika tanda-tanda dari birthday blues yang kamu alami semakin mengganggu keseharianmu, segera konsultasikan pada psikolog profesional agar kamu mengetahui lebih lanjut apa yang sebenarnya kamu alami dan apa yang sebaiknya kamu lakukan untuk mengatasinya.

Nah, itu dia paparan singkat mengenai birthday blues atau birthday depression.

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 29 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan