Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Buku · 14 Apr 2022 10:58 WIB ·

Mengenal Sisi Lain si Suara Langka Dari Buku Tekad Seorang Pendiam


Buku Tekad Seorang Pendiam. (Ainul Mardhiah/MEI) Perbesar

Buku Tekad Seorang Pendiam. (Ainul Mardhiah/MEI)

Keseringan orang yang pendiam selalu dianggap kurang baik karena sulit diajak berkomunikasi. Mereka juga dianggap terlalu misterius hingga terkadang dijauhi oleh orang-orang disekitarnya. Nyatanya ada sisi lain dari diri mereka yang sebenarnya menyimpan banyak teka-teki yang tidak terduga. Kita selama ini salah memahami orang pendiam sebagai orang yang tidak suka bersosialisasi atau sebagai orang yang tidak mau membangun hubungan baik dengan orang lain. Padahal sejatinya orang pendiam juga bisa menjadi ramai dan bertemu dengan orang baru. Mereka adalah orang yang memiliki kepribadian menarik jika kamu mengenalnya lebih dalam.

Mereka yang pendiam juga sering dianggap tidak punya tujuan hidup, tidak punya arah yang jelas. Padahal sosok pendiam biasanya lebih matang dan terorganisir dalam membuat sebuah perencaan. Mereka sangat teliti dan kerap menganalisi sesuatu secara mendalam, tidak heran kita banyak menemukan bahwa pendapat atau ide dari seorang pendiam itu lebih banyak diterima dibanding yang lain. Mereka tidak suka ikut-ikutan dalam mengambil sebuah keputusan yang berkenaan dengan jalan hidup mereka. Mereka juga kerap mendedikasikan waktu mereka untuk melakukan sesuatu yang mereka gemari. Sosok pendiam atau introvert itu juga dikenal memiliki pemikir yang dalam. Mereka mampu membuat sebuah rumusan penyelesaian masalah terhadap apa yang sedang terjadi dan sedang  mereka hadapi. Ada banyak sekali persoalan-persoalan yang mampu diselesaikan dengan baik karena salah satu sikap orang pendiam itu adalah mampu berpikir tenang dalam segala situasi. Sikap inilah yang menjadikan sosok pendiam itu tidak mudah terprovokasi.

Buku tekad seorang pendiam akan memperluas perspektif kita dan memperkenalkan kepada kita bahwa sosok pendiam itu sebenarnya adalah sosok yang memiliki pikiran dan pendirian yang kuat. Mereka yang bersuara langka itu juga dapat membangun mimpi-mimpi yang besar dan bergerak secara diam-diam untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Pikiran mereka penuh dengan hal-hal ajaib. Tak jarang kita dibuat terkagum kepada mereka yang tiba-tiba mampu melesat dengan cepat. Ada banyak sekali tokoh-tokoh inspirasi dunia yang ternyata adalah seorang introvert. Namun meskipun begitu mereka mampu menunjukkan kepada dunia bahwa mereka bisa bersinar layaknya bintang di langit. Tidak ada yang salah dari menjadi seorang pendiam selama kamu mampu mengalahkan ketakutanmu. Albart Einsten sang ilmuan dunia yang berhasil mendapatkan hadiah Nobel dalam bidang fisika atas karyanya dalam fisika teoriti adalah seorang yang introvert, akan tetapi dia berhasil bersinar karena temuan-temuannya. Einsten tidak pernah mencoba menghindari kenyataan bahwa dia introvert. Dia meyakini bahwa seorang introvert juga bisa berhasil. Ada juga Bill Gates sang pendiri Microsoft dan termasuk salah satu orang terkaya didunia. Dia juga merupakan seorang introvert. Dia percaya baik orang introvert maupun ekstrovert  pasti  memiliki keahlian yang unik dan kemampuan alami yang dimiliki oleh mereka.  I  think introverts can do quite well. If you’re cleaver you can learn to get the benefits of being an introvert, which might be say, being willing to go off for a few days and think about a though problem. Read everythink you can, push yourself very hard to think out on the edge of that area. (Bill Gates)

Tekad seorang pendiam, sebuah buku yang berisi tentang kisah seorang pendiam yang berhasil mengalahkan ketakutannya untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Perjalanan jatuh bangun yang dia rasakan baik itu yang datang dari eksternal maupun yang datang dari dirinya sendiri. Ditulis oleh orang yang berhasil mendapat label introvert dari orang-orang disekitarnya. Dia yang dianggap tidak punya tujuan hidup karena sikap pendiamnya, ternyata telah membangun sebuah mimpi dan cita-cita yang besar. Dia tidak menganggap bahwa menjadi pendiam merupakan sebuah kelemahan. Justru hal itu yang kini telah membawanya berhasil mewujudkan mimpi yang dulunya dianggap mustahil. Berangkat dari semua rasa ingin tau dan keinginan untuk melewati batas diri, dia telah berhasil membuktikan kepada dirinya sendiri bahwa sosok yang sangat pendiam itu yang dulunya seringkali disalahpahami bahkan dianggap tidak mempunyai tujuan hidup kini telah berhasil meraih cita-citanya. Ia secara perlahan bergerak memberantas segala rasa takutnya dan  segala ketidaknyamanan yang dirasakan dan mengubah ketidaknyamanan itu menjadi energi positif yang dikemudian hari telah membentuknya menjadi seorang motivator.

Buku ini menunjukkan kepada kita bahwa sosok pendiam juga bisa bersinar terang. Mereka yang diam tak bersua itu ternyata sedang mempersiapkan diri menuju masa depan yang gemilang. Mereka yang dikenal sebagai sosok yang tidak suka bersosialisasi dan tidak suka dengan keramaian itu ternyata hanya sedang mencharger energinya untuk membuat mimpi-mimpi  mereka menjadi nyata.

Kontributor Media Edukasi Indonesia : Ainul Mardhiah

Komentar
Artikel ini telah dibaca 37 kali

Baca Lainnya

4 Rekomendasi Buku Bertema Perempuan yang Menarik untuk Dibaca

7 Juni 2023 - 18:00 WIB

4 Rekomendasi Buku Bertema Perempuan yang Menarik untuk Dibaca

3 Rekomendasi Novel Pendidikan Karya Anak Bangsa

19 Mei 2023 - 18:00 WIB

4 Buku Untuk Menemani Kamu Saat Pergantian Tahun

11 Desember 2022 - 12:13 WIB

Buku Untuk Menemani Kamu Saat Pergantian Tahun

Tips Anti Ngantuk saat Membaca Buku

2 November 2022 - 09:00 WIB

3 Rekomendasi Buku tentang Leadership, Bantu Kamu Jadi Pemimpin yang Baik

7 Oktober 2022 - 09:00 WIB

3 Film Terkenal Hasil Adaptasi Buku Karya Roald Dahl

6 Oktober 2022 - 20:00 WIB

Trending di Buku