Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 4 Mei 2022 13:00 WIB ·

5 Camilan Dari Kacang Tanah


Img: freepik Perbesar

Img: freepik

Kacang tanah populer dengan citarasa gurihnya. Karena itulah, tak aneh apabila kacang tanah berperan penting dalam kuliner nusantara. Mulai dari bahan dasar bumbu-bumbu masakan khas Indonesia, hingga menjadi bahan dasar utama untuk camilan dan jajanan. Seperti yang kita ketahui, makanan Indonesia dengan kacang tanah sebagai bahan dasar bumbunya antara lain adalah sate, rujak cingur, dan masih banyak lagi. Nah, sebagai bahan dasar camilan, ternyata kacang tanah juga bisa menjadi berbagai jenis camilan, lho. Berikut adalah 5 camilan dari kacang tanah.

 

1. Kacang asin

Img: Rizky Anis – yummy.co.id

Camilan yang satu ini berasal dari bahan utama yang pastinya adalah kacang tanah. Dengan rasa asin dan gurih, kacang asin juga berteman dengan irisan bawang putih goreng yang menambah sensasi gurihnya. Penyajian camilan kacang asin juga sering ada saat hari raya idul fitri, lho!

 

2. Kacang sembunyi

Img: Dapur Mama Hanum – yummy.co.id

Kacang sembunyi ialah camilan yang berasal dari kacang tanah yang dibungkus dengan adonan yang kemudian membuat kacangnya tidak tampak dari luar. Itulah yang melatarbelakangi penggunaan nama kacang sembunyi ini. Camilan ini memiliki citarasa gurih dan manis dari adonan serta baluran gula merah di luarnya. Wah, bisa bayangkan selezat apa rasanya!

 

3. Kue kacang

Img: Ika Hidayatul Aini – cookpad.com

Berbeda dari olahan-olahan berbahan dasar kacang tanah sebelumnya, kue kacang ini merupakan olahan yang berbentuk kue. Jadi, kacang tanah sebagai bahan dasarnya tidak tampak secara terang-terangan, kecuali pada rasa yang dihadirkan. Kue kacang memiliki rasa yang gurih, manis, dan nikmat.

 

4. Kacang telur

Img: orami.co.id

Olahan dari kacang tanah yang berikutnya ialah kacang telor atau kacang telur. Pada camilan yang satu ini, kacang tanah dibaluri dengan adonan tepung dan telur sebelum akhirnya digoreng bersama minyak panas. Kacang telor memiliki rasa yang gurih dan manis.

 

5. Kacang disko pedas manis

Img: indozone.id

Sesuai dengan namanya, kacang disko pedas manis memiliki rasa pedas dan manis yang berasal dari bumbu yang digunakan dalam proses pembuatannya. Rasa pedas dalam camilan ini berasal dari penggunaan cabai bubuk dan rasa manis dari gula pasir yang dicampur dalam adonan. Adonan tersebut kemudian akan menyelimuti kacang tanah sebelum akhirnya digoreng dalam minyak panas hingga matang dengan warna kuning keemasan.

 

Nah, itulah 5 camilan dari kacang tanah yang wajib kalian coba, khususnya untuk para pencinta kacang tanah. Dari kelima camilan di atas, mana nih yang paling sering kalian makan? Atau yang sudah kalian jumpai di meja ruang tamu saat lebaran ini?

Yuk, jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 76 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner