Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 25 Jan 2023 12:00 WIB ·

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah dengan Cepat


Img: pexels/andrea-piacquadio Perbesar

Img: pexels/andrea-piacquadio

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah dengan Cepat –Berbagai jenis polusi udara, mulai dari asap kendaraan hingga asap rokok diketahui dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan memicu hidung tersumbat. Hal yang sama berlaku untuk debu.

Mengatasi hidung tersumbat tidak harus ditunda sampai sumber sumbatan sudah diangkat dan pernafasan sudah kembali normal. Ada beberapa alternatif selain pergi ke dokter untuk mengatasi hidung tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah dengan Cepat

Kamu dapat menghilangkan kemampetan dari hidung kamu selain minum obat dengan menggunakan cara sederhana berikut:

Memastikan Suhu Tubuh Tetap Hangat

Saat kamu merasa kedinginan atau suhu tubuh turun, lendir di rongga hidung penyebab hidung tersumbat lebih mudah mengental. Jika kamu sudah terlanjur mengalami hidung tersumbat, coba redakan dengan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Konsumsi lebih banyak cairan saat kemacetan menyerang. Bagian cairan ke dalam tubuh kamu mengencerkan lendir di hidung kamu. Akibatnya, lendir tidak akan sepenuhnya menutupi rongga hidung sehingga kamu dapat bernapas dengan lebih mudah.

Menggunakan Pelembap Udara

Jika kamu sering mengeluhkan hidung tersumbat, tidak ada salahnya membeli dan menggunakan alat pelembab udara atau populer dengan humidifier. Humidifier yang terpasang di kamar atau kamar kamu dapat melembabkan udara di sekitar kamu.

Menghirup Uap Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya hanya membutuhkan segelas air panas. Cukup didihkan air panas dan simpan dalam wadah yang aman. Tempatkan wajah kamu di depan wadah air panas dan hirup uang hangat secara perlahan. Uap akan membantu mencairkan lendir di rongga hidung, yang merupakan sumber kemacetan.

Mandi dengan Air Hangat

Saat hidung tersumbat, kamu pasti mendapat berbagai saran untuk mandi air hangat. Cara mengatasi hidung tersumbat ini akan sangat efektif bagi kamu yang menderita gejala batuk dan pilek.

Uap mandi air hangat bisa membuat lendir di rongga hidung lebih cair dan lebih mudah keluar. Kamu dapat bernafas normal kembali setelah lendir menipis atau bahkan hilang. Gunakan sabun antibakteri untuk memastikan kuman dan bakteri penyebab peradangan pada saluran pernapasan kamu terberantas secara efektif.

Nah, itu tadi beberapa cara sederhana mengatasi hidung mampet saat flu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu ya!

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan