Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 13 Des 2022 12:00 WIB ·

Ternyata Begini Cara Menghilangkan Kantung Mata Paling Ampuh


Img: Pexels/Pixabay Perbesar

Img: Pexels/Pixabay

Ternyata Begini Cara Menghilangkan Kantung Mata Paling Ampuh –Kantung mata dan warna hitam di sekitar mata sering dikenal sebagai mata panda. Masalah ini kerap terjadi seiring bertambahnya usia. Pasalnya, jaringan berupa otot pada area mata akan melemah. Sehingga muncul kantung mata yang semakin besar dan mengganggu penampilan.

Kebanyakan orang pasti merasa kurang nyaman dengan adanya kantung mata disertai warna hitam di bawahnya. Apalagi ketika keluhan itu dapat mengakibatkan pembengkakan pada mata.

 

Sebelum mengambil tindakan untuk mengatasinya, kamu perlu mengerti penyebab munculnya kantung mata terlebih dahulu.

 

Beberapa Penyebab Munculnya Kantung Mata

Selain karena faktor usia, munculnya kantung mata juga bisa dikarenakan hal-hal berikut ini:

1. Lelah dan kurang istirahat.

2. Peningkatan melanin di area mata, contohnya akibat terkena sinar matahari berlebihan.

3. Peradangan atau hiperpigmentasi.

4. Penumpukan cairan di area mata, seperti karena perubahan hormon atau terlalu banyak konsumsi natrium.

5. Stress atau depresi.

7 Cara Menghilangkan Kantung Mata Paling Ampuh

Sebenarnya, kantung mata yang mengganggu bisa dihilangkan dengan beberapa cara seperti berikut ini:

Kompres mata

Mengompres pada area mata dinilai cukup ampuh untuk mengurangi pembengkakan ringan dan menyamarkan warna hitam pada mata. Kamu bisa mengompres dengan kain bersih yang direndam air dingin atau es. Cara ini bisa dilakukan selama 10 hingga 15 menit.

Selain dengan air dingin, kamu bisa mengompres dengan kantong teh hijau, potongan mentimun, atau masker khusus bawah mata.

Istirahat yang cukup

Kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab munculnya kantung mata. Maka dari itu, cobalah untuk memperbaiki pola tidur dengan waktu tidur 7 hingga 9 jam per hari.

Hindari mengkonsumsi alkohol dan kafein

Makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan kafein dapat mengakibatkan dehidrasi ringan, mengganggu waktu istirahat, dan memunculkan kantung mata serta warna hitam yang akan nampak jelas. Oleh karena itu, patutnya kamu mengurangi konsumsi alkohol dan kafein agar kantung mata tidak semakin parah.

 Pastikan tubuh selalu terhidrasi

Mencukupi cairan tubuh dapat mencegah munculnya kantung mata. Selain itu, kamu bisa mengurangi penggunaan garam agar tubuh terhindar dari retensi cairan.

Cukupi kebutuhan kalium

Mencukupi kalium pada tubuh juga bisa meminimalisir risiko munculnya kantung mata. Ada berbagai sumber makanan yang mengandung kalium, seperti pisang, kacang, yoghurt, dan sayuran hijau.

Memakai krim mata

Pemakaian krim khusus area mata yang mengandung chamomile, mentimun, atau arnifa dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekencangan kulit. Selain itu, terdapat krim mata dengan vitamin C, vitamin K, dan vitamin E, yang juga bisa mengurangi kantung mata.

Memakai tabir surya

Sebaiknya kamu menghindari terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung, dan usahakan selalu menggunakan tabir surya dengan SPF 30. Penggunaan concealer juga dapat menyamarkan warna gelap pada mata.

Tabir surya yang baik yaitu yang memiliki kandungan SPF 15 atau lebih. Jika kulit wajah berjenis sensitif bisa menggunakan concealer bebas minyak.

Selain dengan cara-cara di atas, kamu juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kulit jika kantong mata yang kamu punya susah hilang. Beberapa hal yang dokter sarankan yaitu seperti pemberian obat alergi, krim pemutih, dermal filter, terapi laser, hingga operasi kelopak mata.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 32 kali

Baca Lainnya

Tips Efektif Menulis Bab 1 Skripsi agar Di ACC Dosen Pembimbing

20 Juni 2024 - 16:12 WIB

Ide ngabuburit

Tips Pulihkan Energi dan Menghadapi Masa Sulit di Semester Akhir

19 Juni 2024 - 16:44 WIB

Tips Hadapi Seminar Magang Agar Berjalan Lancar dan Sukses

19 Juni 2024 - 16:30 WIB

Pemasaran sosial

Tips Networking Ini Bisa Mahasiswa Terapkan, Wajib Tahu!

18 Juni 2024 - 16:01 WIB

Tips Meningkatkan skill pengembangan

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Trending di Kesehatan