Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 6 Jan 2023 18:00 WIB ·

Cara Mengobati Mata Bintitan Tanpa Operasi


Img: Halodoc Perbesar

Img: Halodoc

Cara Mengobati Mata Bintitan Tanpa Operasi —Bintitan adalah sejenis infeksi mata yang menyebabkan benjolan kecil di kelopak mata yang terasa gatal, nyeri, dan mengental. Ini biasanya muncul di bagian luar kelopak mata, tapi bisa juga muncul di bagian dalam.

Infeksi bakteri stafilokokus yang menyerang kelenjar minyak di kelopak mata merupakan penyebab bintitan yang paling umum. Infeksi bakteri ini menyebabkan kelenjar yang menghasilkan air mata menumpuk, membuat pembentukan bintitan lebih mudah muncul.

Cara Mengobati Mata Bintitan Tanpa Operasi

Jika kamu terkena bintitan, segera atasi dengan menggunakan beberapa cara berikut:

Obat pereda nyeri

Bintit mata sering menyakitkan. Pasien yang menderita bintitan mata dapat menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) untuk mengurangi peradangan dan nyeri.

Ibuprofen dan natrium diklofenak adalah dua NSAID yang biasa digunakan untuk mengobati bintit mata. Obat ini juga tersedia sebagai obat tetes mata, seperti Flamar Eye Drop.

Kantung teh

Kantong teh adalah obat alami untuk mata bengkak dan gatal akibat peradangan. Teh yang digunakan adalah teh hijau atau hitam.

Menurut penelitian Mahmood Nejuang tentang Khasiat Ekstrak Teh Hijau untuk Pengobatan Mata Kering dan Disfungsi Kelenjar Meibomian, teh hijau dapat mengurangi peradangan karena mengandung bioflavonoid, yaitu senyawa yang dapat melawan infeksi bakteri.

Sangat mudah menggunakan kantong teh untuk mengobati mata bengkak dan gatal. Tempatkan kantong teh hangat yang sudah terendam dalam teh hijau atau hitam pada mata yang terinfeksi selama 5-10 menit. Ulangi prosedur ini sesuai kebutuhan sampai gejala mereda.

Kompres air dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada mata jika mata bengkak dan gatal tersebut disebabkan oleh iritasi. Caranya adalah dengan membasahi handuk bersih dengan air dingin. Kemudian, selama 5-10 menit, letakkan handuk di atas kelopak mata kamu. Metode ini dapat kamu gunakan sebanyak yang kamu perlukan.

Salep antibiotik

Seperti yang tertera di atas sebelumnya, bintit mata biasanya karena infeksi bakteri. Dalam kebanyakan kasus, dokter akan meresepkan obat tetes mata atau salep antibiotik untuk dioleskan ke kelopak mata.

Antibiotik bekerja dengan membunuh bakteri penyebab mata bintit dan mencegah penyebaran infeksi.

Bintitan adalah kondisi umum yang bisa hilang dengan sendirinya jika tidak diobati. Sebagian besar kasus bintit mata sembuh dalam 7-14 hari, terutama jika bintitan sudah pecah dan mengeluarkan nanah.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 539 kali

Baca Lainnya

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Trending di Kesehatan