Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 11 Okt 2022 18:00 WIB ·

4 Cara Menurunkan Kolesterol Selain Minum Obat


Img: Pexels/Tamra-Creatives Perbesar

Img: Pexels/Tamra-Creatives

Cara menurunkan kolesterol –Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang ada di dalam tubuh. Kolesterol memiliki fungsi penting dalam tubuh. Jika kadarnya naik di atas normal, lemak akan menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak, yang bisa menyumbatnya.

Jenis kolesterol pertama yang ditemukan dalam tubuh manusia adalah kolesterol total. Setiap desiliter darah mengandung campuran kolesterol baik, kolesterol jahat, dan trigliserida. Trigliserida adalah lemak yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, sehingga menurunkannya dapat menyelamatkan tubuh.

Jenis kolesterol ketiga adalah kolesterol baik (HDL-High Density Lipoprotein), yang mencegah penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh lemak. Terakhir, ada kolesterol jahat (LDL-Low Density Lipoprotein), yang merupakan salah satu penyebab utama penyempitan pembuluh darah akibat lemak, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, penyakit jantung, dan stroke.

Meskipun kolesterol merupakan komponen lemak, namun juga memiliki peran penting dalam fungsi sel dan jaringan tubuh. Namun jumlah tersebut tidak boleh melebihi batas normal kurang dari 100 mg/dL.

Jika kamu memiliki terlalu banyak kolesterol dalam tubuh kamu dan tidak segera mengubah gaya hidup kamu ke yang lebih sehat, kemungkinan risiko terkena penyakit jantung meningkat. Tak hanya itu, ada beberapa penyakit lain mulai dari pembekuan darah hingga stroke.

Cara menurunkan kolesterol menurut mayoclinic.org:

Kurangi konsumsi lemak jenuh

Lemak jenuh dapat kamu temukan dalam berbagai makanan sehari-hari, termasuk daging merah, susu full cream, dan makanan cepat saji. Untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, hindari makanan yang tinggi lemak jenuh.

Konsumsi serat larut

Serat larut dapat mengurangi jumlah kolesterol yang masuk ke dalam sel-sel tubuh. Makanan kaya serat larut termasuk oatmeal, kacang merah, apel, dan pir. Beberapa makanan ini dapat membantu kamu mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh kamu.

Konsumsi asam lemak omega 3

Makanan tinggi asam lemak omega 3, seperti salmon, biji rami, dan makarel, baik untuk jantung kamu. Hal ini juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Pasalnya, beberapa menu makanan tersebut tidak mengandung lemak jenuh sama sekali.

Berhenti merokok

Tekanan darah dan detak jantung kamu akan kembali normal dalam waktu 20 menit setelah berhenti merokok. Setelah tiga bulan, akan terjadi peningkatkan sirkulasi darah. Tidak hanya itu, fungsi paru-paru pun akan meningkat. Dalam satu tahun berhenti merokok, risiko penyakit jantung kamu akan jauh lebih rendah daripada sebelumnya.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan