Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 24 Apr 2022 00:03 WIB ·

Cara Pemeliharaan Kesehatan Mulut


instagram/@farwazubairentrepreneur Perbesar

instagram/@farwazubairentrepreneur

Mulut adalah bagian yang terpenting dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan bagian awal dalam sistem pencernaan. Mulut secara umum memiliki dua fungsi yaitu sebagai alat komunikasi dan untuk mencerna makanan secara mekanis.

Mulut terdiri atas beberapa bagian yaitu bibir, rongga mulut, ronga depan, gigi, gusi, langit mulut, lidah, dan kelenjar ludah.

Dengan adanya dua fungsi yang sangat bertolak belakang tersebut harus berhati-hati dalam menjaga kebersihan dan kesehatan dari mulut anda. Jika kita kurang menjaga kebersihan mulut akan menyebabkan kurang percaya diri dalam melakukan komunikasi dengan orang yang ada disekitar anda.

Untuk itulah, memiliki mulut yang bersih sangat berarti bagi kehidupan tidak hanya untuk menambah kepercayaan diri saat berkomunikasi dengan orang-orang sekitar tetapi juga dapat menjauhkan dari berbagai sakit yang serig terjadi di rongga mulut seperti terhindar dari sakit gigi, gusi bengkak, kerak gigi dan lain sebagainya.

Ketauilah, apa saja yang dapat menyebabkan masalah-masalah dalam mulut ? Simak info berikut, dengan demikian anda dapat menghindari beberapa tindakan yang dapat mengakibatkan  masalah pada mulut, dengan demikian anda dapat mendapatkan mulut yang tetap bersih dan sehat.

Tindakan Yang Mengakibatkan Masalah Pada Mulut

Makanan yang kita makan  

Makanan yang memiliki bau yang kuat dapat menyebabkan bau mulut. Contoh makanan yang memiliki bau yang khas antara lain bawang merah, bawang putih, keju, ikan, makanan pedas, dan kopi.

Makanan lain yang mengakibatkan masalah mulut adalah makanan yang mengandung minyak atsiri yang dapat masuk ke aliran darah dan terbawa ke paru-paru. Setelah itu, minyak atsiri dapat menguap di paru-paru dan keluar bersama hembusan nafas.

Mulut kering 

Mulut kering biasanya disebabkan karena, konsumsi obat golongan antihistamin, antidepresan, dan diuretic atau karena tidur dengan posisi mulut terbuka. 

Pada kondisi mulut kering, produksi air liur berkurang sehingga bakteri dan sisa makanan lebih mudah menumpuk dan menimbulkan bau mulut.

Jika terjadi kondisi tersebut segera berkumur, menggosok gigi dan meminum air putih untuk melembabkan mulut anda kembali.

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat membuat mulut lebih kering sehingga lebih mudah bau. Selain itu, tembakau pada rokok juga meninggalkan zat yang akan mengendap di mulut sehingga aroma mulut menjadi tidak sedap selain it merokok dapat mengakibatkan gigi menjadi berwarna lebih gelap.

Jika anda adalah perokok atau sering mengonsumsi minuman beralkohol sebaiknya anda rajin membersihkan rongga mulut dengan menggosok gigi dan berkumur serta kurangi merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Pola makan 

Pola makan yang redah karbohidrat seperti pada diet DEBM atau diet ketogenik bisa menimbulkan bau mulut. Saat kurang karbohidrat sebagai sumber energi, tubuh akan membakar lemak untuk memperoleh energi. Proses tersebut dapat menimbulkan aroma napas yang asam dari mulut.

Infeksi pada mulut

Infeksi pada mulut bisa terjadi karena anda jarang memeriksakan kesehatan mulut ke dokter atau bisa jadi karena kurang memperhatikan kebersihan dari mulut. Infeksi pada mulut lebih sering disebabkan dari gigi berlubang, radang gusi, dan sariawan, dapat menimbulkan bau mulut karena penmpukan bakteri pada mulut.

Pencegahan Yang Dilakukan Untuk Menghindari Masalah Mulut

 Menjaga kebersihan mulut 

Cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan :

  1. Menggosok gigi dan membersihkan lidah untuk menghilangkan bakeri di permukaannya.
  2. Menggunakan obat kumur yang terasa nyaman bila digunakan di mulut.

Mengubah gaya hidup 

Berapa perubahan kebiasaan yang harus dilakukan untuk menghindari masalah mulut 

  1. Menghentikan kebersihan merokok.
  2. Minum air putih minimal 2 liter setiap harinya.
  3. Menghentikan kegiatan diet ekstrim. 

Menangani sejak dini penyakit mulut

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah di mulut adalah sebagai berikut

  1. Sering memperiksakan kesehatan mulut ke dokter.
  2. Melakukan pencabutan atau penambalan pada gigi yang rusak

Kontributor Media Edukasi Indonesia : Intan Nur Arifah Setiawati

Komentar
Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan