Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 8 Jun 2022 22:30 WIB ·

Hati-Hati Cuaca Ekstrim! Simak Tips Agar Tubuh Tetap Sehat!


Img: Pexels/cottonbro Perbesar

Img: Pexels/cottonbro

Saat ini cuaca ekstrim melanda negara kita, hal ini terjadi akibat cuaca panas dan hujan yang disertai angin kencang. Namun, dalam menghadapi kondisi cuaca yang ekstrim, tentunya kita harus menjaga kesehatan agar tidak jatuh sakit.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan cuaca panas saat ini bukan akibat gelombang panas. “Cuaca panas yang dialami di Indonesia bukanlah fenomena gelombang panas,” kata Deputi Bidang Meteorologi Guswanto, dalam ilustrasi yang diunggah di akun Instagram resmi BMKG, Selasa (15/5/2022).

Sangat penting untuk menjaga stamina selama periode ekstrim. Ini karena panas dapat menyebabkan sejumlah masalah, seperti dehidrasi. Karena tubuh kita mengandung banyak cairan, kita dapat dengan mudah mengapung. Selain itu, udara yang kering memungkinkan debu dengan mudah masuk ke saluran pernapasan atau menyerang makanan sehingga menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan dan sistem pencernaan.

Dikutip dari akun Instagram resmi Gugus Tugas Perubahan Perilaku Covid-19 @satgaschangebehavior, berikut beberapa tips untuk tetap sehat saat kondisi cuaca ekstrim. Yuk, simak selengkapnya!


Banyak makan buah dan sayur

Antioksidan dalam buah dan sayuran dapat membantu sistem kekebalan tubuh sehingga kurang rentan terhadap virus dan bakteri. Buah dan sayuran mengandung berbagai vitamin yang berkontribusi terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Konsumsi protein

Kita harus mengkonsumsi protein seperti telur dan daging untuk meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi unggas, telur, dan susu membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak malas olahraga

Latihan fisik yang teratur setiap hari akan membuat tubuh lebih sehat dan daya tahan tubuh lebih kuat, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Luangkan waktu 30 menit setiap hari untuk mengerjakan ini.

Mengelola stress

Stres akut dan jangka panjang dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuatnya lebih rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, stres harus dikelola melalui aktivitas produktif agar daya tahan tubuh tetap kuat. Jangan lupa untuk belajar hidup bahagia untuk meningkatkan imunitas.

Tidur cukup

Tidur nyenyak dan cukup merupakan bagian dari menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Selanjutnya, istirahat yang cukup dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit.

Minum banyak air

Sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tidak membiarkan tubuh kekurangan cairan yang akan membahayakan kesehatan. Minumlah setidaknya delapan gelas air per hari untuk menjaga keseimbangan tubuh kita, membantu membuang racun, dan meningkatkan energi.

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan