Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 16 Jun 2022 12:00 WIB ·

Mahasiswa Wajib Tahu! Inilah Perbedaan CV Kreatif dan CV ATS Friendly!


Img: Pixabay - Olilynch Perbesar

Img: Pixabay - Olilynch

CV adalah salah satu hal wajib yang harus kita miliki sebagai seorang mahasiswa. Kita sangat membutuhkan CV untuk berbagai kegiatan, seperti pendaftaran program magang ataupun program-program lain yang kita perlukan. Karena itulah, pengetahuan seputar CV akan sangat berguna untuk para mahasiswa. Namun, ternyata masih banyak yang belum tahu sebenarnya apa saja jenis CV dan apa perbedaan yang mendasari keduanya. Nah, untuk menyelesaikan kebingungan dan ketidaktahuan itu, yuk, simak penjelasan CV kreatif dan CV ATS di bawah ini. Check it out!

 

CV ATS

ATS atau Applicant Tracking System adalah sebuah aplikasi atau software yang perusahaan-perusahaan miliki untuk menyortir CV dari para pelamar atau pendaftar. Dengan adanya ATS ini, perusahaan dapat mendapatkan kandidat-kandidat yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Kesesuaian ini aplikasi ATS filter dengan melihat keyword-keyword yang ada dalam sebuah CV. Nah, untuk melewati tahapan seleksi dari software ATS ini kamu perlu memiliki CV yang ATS friendly. Dengan CV yang ATS friendly, CV-mu akan terdeteksi dengan baik oleh software ATS tersebut.

Penggunaan CV ATS dalam proses rekruitmen ini biasanya ada pada perusahaan skala besar atau korporat. Selain itu, biasanya perusahaan-perusahaan dengan nama besar pun tidak jarang akan menggunakan software ATS dalam proses rekruitmen. 

Untuk membuat CV yang ATS friendly, kamu tidak bisa asal menggunakan warna dan font, lho! 

 

CV KREATIF

Berbeda dengan CV ATS yang menggunakan suatu software dalam proses seleksi atau pemfilteran, CV kreatif akan langsung sampai di tangan HRD yang nantinya akan menilai diri kamu berdasarkan kekreativitasan CV kamu. Biasanya, CV kreatif digunakan dalam proses seleksi untuk posisi-posisi tertentu, khususnya yang bergerak di bidang kreatif, seperti graphic design dan lain sebagainya. Dengan CV kreatif ini, kamu bisa memadukan font dan warna-warna yang kamu inginkan sesuai dengan kekreativitasan diri kamu. 

Biasanya, CV kreatif ini bisa kamu gunakan apabila proses perekrutan HRD lakukan melalui e-mail, lho! Karena jika melalui e-mail, HRD cenderung akan menyeleksi CV para pelamar secara manual.

 

Nah, itulah perbedaan CV kreatif dan CV ATS. Setelah memahami penjelasan di atas, kira-kira CV mana nih yang menurutmu paling kamu butuhkan? Jangan lupa tetap sesuaikan dengan posisi yang kamu daftar atau lamar, ya! Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 32 kali

Baca Lainnya

Ide Ngabuburit Yang Cocok Dilakukan Saat Bulan Puasa

29 Februari 2024 - 21:08 WIB

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Ide ngabuburit

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Tinjauan Pustaka
Trending di Edukasi